Airlangga Harap Kemenangan Joe Biden Beri Ketenangan Pasar Global

Kompas.com - 09/11/2020, 15:31 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menjawab pertanyaan wartawan terkait peluncuran situs resmi Kartu Prakerja di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (20/3/2020). ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDIMenko Perekonomian Airlangga Hartarto menjawab pertanyaan wartawan terkait peluncuran situs resmi Kartu Prakerja di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (20/3/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengapresiasi hasil akhir pemilihan presiden Amerika Serikat (pilpres AS). Ia berharap, rampungnya pemilu di AS bisa memberikan ketenangan dan kepastian bagi pasar global.

Seperti diketahui, Joe Biden dari Partai Demokrat mengalahkan petahana Donald Trump dari Partai Republik.

"Kami apresiasi pemilu di AS dan apresiasi pemenang dalam hal ini Pak Joe Biden," ujarnya dalam konferensi pers virtual terkait dampak Covid-19, Senin (9/11/2020).

Baca juga: Joe Biden Jadi Presiden AS, Bagaimana Nasib Harga Minyak Dunia?

Airlangga menjelaskan, Indonesia sebagai bagian dari perdagangan global, tentunya memerlukan kepastian dan stabilitas politik, maupun geopolitik di kawasan Indo Pasifik. Terutamanya terkait konflik global antara AS dan China.

"Geopolitik China dan AS menjadi penting, sehingga tentu kami berharap bahwa negara kita memerlukan ketenangan dan kepastian. Ini bisa terjadi kalau geopolitik aman," ujarnya.

Oleh sebab itu, ia berharap kepemimpinan baru Joe Biden di AS bisa jadi angin segar bagi negara-negara Indo-Pasifik dari ketegangan yang terjadi selama ini antara AS dan China.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami berharap kepemimpinan baru di AS membawa ketenangan di Indo Pasifik," imbuh dia.

Airlangga menilai, ketenangan di kawasan regional bisa memberikan implikasi terhadap perekonomian yang berkelanjutan. Sehingga mendorong pemulihan ekonomi di negara-negara regional, khususnya di Indonesia.

"Kalau Indo-Pasifik aman maka pertumbuhan ekonomi bisa kita jaga dan ada optimisme, bukan hanya nasional tapi juga regional. Sehingga kita bisa menjalankan ekonomi dalam upaya menyejahterahkan rakyat," pungkas dia.

Baca juga: Saat Pelaku Bisnis AS Ramai-ramai Beri Selamat atas Kemenangan Joe Biden

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.