Joe Biden Gencar Kampanyekan EBT, Bagaimana Nasib Ekspor Energi Fosil Indonesia?

Kompas.com - 09/11/2020, 19:02 WIB
Profil Joe Biden KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoProfil Joe Biden

JAKARTA, KOMPAS.com - Terpilihnya Joe Biden sebagai Presiden Amerika Serikat (AS) ke-46 diproyeksi akan berdampak terhadap perubahan peta perekonomian dunia. Salah satunya adalah terkait perdagangan energi fosil.

Pasalnya, selama masa kampanye, Biden konsisten mengedepankan program pengurangan penggunaan energi fosil yang tidak ramah lingkungan.

Lantas, apakah hal tersebut akan mengganggu kinerja ekspor komoditas batubara hingga minyak dan gas RI ke Negeri Paman Sam itu?

Baca juga: Menteri ESDM Minta Dirjen EBTKE Baru Genjot Bauran Energi Baru Terbarukan Hingga 23 Persen

Ekonom Universitas Indonesia Fithra Faisal Hastiadi menilai, terpilihnya Joe Biden sebagai orang nomor 1 AS tidak akan terlalu banyak berpengaruh terhadap ekspor migas nasional.

Berdasarkan data Bank Indonesia (BI), selama ini tujuan utama ekspor migas Indonesia adalah negara-negara yang berada di kawasan Asia, khususnya Asia Tenggara.

"Terkait prospek ekspor kita di masa Biden yang jauh lebih bernuansa environmentalist, saya rasa tidak akan jadi masalah. Karena memang selama ini ekspor migas kita kesana cukup terbatas," tuturnya kepada Kompas.com, Senin (9/11/2020).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lebih lanjut, Fithra menilai, saat ini pemerintah perlu fokus untuk meningkatkan ekspor non migas ke negeri adidaya itu.

Sebab, meskipun Joe Biden terplilih sebagai presiden, kebijakan Donald Trump yang akan menggantikan China sebagai negara utama importir diproyeksi tetap dilanjutkan.

"Karena selama pandemi telah terjadi switching behaviour dari AS, merelokasi impor bahan baku dari tempat-tempat selain China. Kita lihat juga Indonesia sebagai negara yang mendapatkan peluang tersebut," ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.