12.538 Desa di Indonesia Belum Tercover Jaringan Internet 4G

Kompas.com - 09/11/2020, 20:37 WIB
Ilustrasi BTS KOMPAS.com/Bill ClintenIlustrasi BTS

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Komunikasi dan Informatikan mengungkapkan ada 12.538 desa di Indonesia belum tercover jaringan internet 4G. Mayoritas, desa/kelurahan yang belum terjamah 4G itu merupakan wilayah 3T (terdepan, terluar dan tertinggal).

Dirjen Penyelenggaran Pos dan Informatika Kominfo Ahmad Ramli mengatakan, pihaknya mengupayakan akan membangun jaringan internet 4G di desa-desan tersebut mulai 2021 mendatang.

“Dari total 83.318 ini masih ada 12.548 desa/keluarahan yang belum tercover 4G 100 persen,” ujar Ramli dalam diskusi virtual, Senin (9/11/2020).

Baca juga: Pemerintah Targetkan Seluruh Desa di Indonesia Terjangkau Sinyal 4G Tahun 2022

Ramli menambahkan, Presiden Joko Widodo telah menginstruksikan agar daerah-daerah 3T tersebut segera dicover jaringan internet 4G.

“Oleh karena itu pekerjaan besar yang harus dilakukan mulai 2021, seperti yang disampaikan Pak Presiden adalah kita akan membangun 9.113 di 3T dan3.425 desa/kelurahan non 3T,” kata dia.

Namun, lanjut Ramli, pembangunan jaringan internet tersebut akan dilakukan secara efisien. Prioritas utamanya adalah daerah-daerah yang berpenduduk.

“Tidak semua wilayah itu dicover, karena kita bisa melihat daerah-daerah penduduk itu berada di pinggir. Sementara yang di tengah dan seterusnya ada hutan dan lain-lain. Oleh karena itu kami akan prioritaskan membangun yang ada pemukimannya. Jadi dengan demikian tidak menjadi sia-sia,” ungkapnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X