KILAS

Panen Raya Padi Kedua Dorong Pertumbuhan Sektor Pertanian di Kuartal III

Kompas.com - 09/11/2020, 20:39 WIB
Kementan mengimbau petani untuk menyambut era 4.0 dan menggunakan alsintan guna menambah produktivitas. DOK. Humas KementanKementan mengimbau petani untuk menyambut era 4.0 dan menggunakan alsintan guna menambah produktivitas.

KOMPAS.com – Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementerian Pertanian (Kementan), Kuntoro Boga Andri menyampaikan, kegiatan panen raya padi kedua yang masih berlangsung di sejumlah daerah ikut mendorong tumbuhnya sektor pertanian pada kuartal III.

“Selain itu, ada juga pertumbuhan pada sub sektor hortikultura yang dibarengi dengan peningkatan permintaan buah dan sayur,” ujar Kuntoro.

Tak hanya itu, lanjut dia, dari perkebunan ada komoditas kakao, karet, cengkeh, tembakau yang berkontribusi.

“Pertumbuhan ini, dipicu pula oleh serapan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Pertanian yang terus berjalan dengan baik,” kata Kuntoro, seperti dalam keterangan tertulis yang Kompas.com terima, Senin (9/11/2020).

Baca juga: Rawan Gagal Panen, Kementan Imbau Petani Gunakan Asuransi

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatatkan nilai ekspor pertanian pada periode Januari - September 2020 mencapai 2,82 miliar dollar AS.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Ini berarti mengalami peningkatan sebesar 9,7 persen jika dibanding periode Januari - September 2019 yang hanya 2,57 miliar Dollar AS,” jelas Kuntoro.

Sementara itu, untuk nilai ekspor olahan pertanian pada periode Januari - September 2020 juga meningkat sebesar 18,47 miliar Dollar AS.

“Artinya mengalami 5,97 persen jika dibanding tahun 2019 yang hanya 17,43 miliar Dollar AS," imbuhnya.

Baca juga: Genjot Produktivitas 50 Poktan di Luwu Utara, Kementan Kirim Alsintan

Kuntoro mengatakan, peningkatan nilai ekspor pertanian berdampak besar pada naiknya Nilai Tukar Petani (NTP) dan Nilai Tukar Usaha Pertanian (NTUP) dari Juni hingga September 2020.

“NTP tumbuh sebesar 101,66, sedangkan NTUP meningkat ke angka 101,74. Ini menunjukkan nilai angka keduanya lebih besar dari 100,” ujar Kuntoro.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.