Vaksin Covid-19 Diumumkan 90 Persen Efektif, Indeks Dow Melonjak Lebih dari 800 Poin

Kompas.com - 10/11/2020, 07:41 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi

NEW YORK, KOMPAS.comIndeks Dow Jones Industrial Average dan S&P 500 di bursa saham Amerika Serikat menghijau pada akhir perdagangan Senin (9/11/2020) waktu setempat, Selasa WIB.

Para investor menyambut positif atas data uji coba dari pembuat obat Pfizer dan BioNTech yang menunjukkan vaksin Covid-19 lebih dari 90 persen efektif.

Melansir CNBC, Selasa (10/11/2020), saham maskapai penerbangan dan saham travel lainnya mencatatkan kenaikan terbesar. Dow ditutup melonjak 834,57 poin atau 2,95 persen, pada level 29.157,97, setelah pada awal perdagangan sempat meroket 1.500 poin.

Sementara S&P 500 melonjak 1,2 persen pada level 3.550,5, namun, indeks Komposit Nasdaq ditutup turun 1,5 persen pada level 11.713,78. Penurunan indeks Nasdaq terjadi karena pasar mulai beralih dari saham teknologi yang unggul saat pandemi ke saham-saham yang mengalami pukulan.

Baca juga: Menanti Hasil Pilpres AS, Rally Wall Street Terhenti

Pengumuman vaksin direspons Wall Street sebagai tanda, industri farmasi mungkin segera memiliki cara yang layak untuk mengendalikan pandemi yang memukul ekonomi AS selama tahun 2020 dan telah menewaskan lebih dari 230.000 orang Amerika.

“Saya pikir reli akan memulai diskusi baru, dan pembahasannya adalah seperti apa AS setelah Covid-19," kata pembawa acara "Mad Money" CNBC, Jim Cramer.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di sisi lain, Wall Street berharap kemenangan Biden akan mengurangi kemungkinan pertarungan pemilu yang berlarut-larut, bahkan ketika Trump menolak untuk menyerah.

Banyak investor telah memasang spekulasi untuk volatilitas pasar pada bulan November dan melepas posisi tersebut, hal tersebut membantu memicu reli.

Sementara itu, partai Demokrat diproyeksikan mempertahankan mayoritas DPR mereka, meskipun Wall Street mengawasi dengan cermat karena kendali Senat masih dalam ketidakpastian.

Baca juga: Jeff Bezos Jual Saham Amazon Senilai Rp 43,8 Triliun, Buat Apa?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.