Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akses ke Bandara Soekarno-Hatta Macet, 9 Penerbangan Sriwijaya Air Delay

Kompas.com - 10/11/2020, 12:30 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak sembilan penerbangan yang dioperasikan Sriwijaya Air Group mengalami keterlambatan imbas macetnya akses tol menuju Bandara Soekarno-Hatta pada Selasa (10/11/2020) pagi.

Airport Station Manager Sriwijaya Air Group di Bandara Soekarno-Hatta Taufik Sabar mengatakan, keterlambatan penerbangan Sriwijaya Air bervariasi, mulai dari satu hingga tiga jam.

Adapun rute yang terdampak akibat kejadian tersebut, yakni SJ 184 rute  Jakarta-Pontianak, SJ penerbangan 160 rute Jakarta – Balipapan, IN 180 rute Jakarta – Pontianak, penerbangan SJ 072 rute Jakarta – Pangkalpinang, IN 056 rute Jakarta – Tanjung Pandan, SJ 182 rute Jakarta – Pontianak, SJ 054 rute Jakarta – Tanjungpandan, SJ 024 rute Jakarta – Padang dan IN 170 rute Jakarta – Semarang.

Baca juga: Akses ke Bandara Soekarno-Hatta Macet, 5 Maskapai Ini Gratiskan Biaya Refund dan Reschedule

“Melihat kondisi saat ini (Selasa pagi) ada beberapa flight lainnya yang tampaknya akan terkena imbas juga dari kemacetan parah di kawasan Bandara Soekarno-Hatta sampai siang hari ini,” ujar Taufik dalam keterangan tertulisnya, Selasa.

Sementara itu, Direktur Niaga Sriwijaya Air Group, Henoch Rudi Iwanudin menambahkan, untuk menanggapi situasi tersebut, pihaknya membebaskan biaya booking ulang dan penjadwalan ulang bagi penumpang yang terdampak.

“Sriwijaya Air Group memahami betul kondisi sulit yang dirasakan oleh para pelanggan setia yang terdampak kemacetan di kawasan Bandara Soekarno-Hatta, sehingga kami pun memberikan fasilitas rebook atau reschedule secara gratis kepada penumpang yang penerbangannya terdampak pada tanggal 10 November 2020 ini,” kata Henoch.

Untuk proses rebook/reschedule serta refund seluruh pelanggan Sriwijaya Air dan NAM Air dapat langsung menghubungi call centre yang beroperasi 24 jam di nomor 08041777777 untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.

Sebelumnya, akses jalan tol menuju Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten, lumpuh total menjelang kedatangan pemimpin organisasi masyarakat (ormas) Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab, Selasa pagi.

Wakasat Lantas Polres Bandara Soekarno-Hatta AKP Tugiyo mengatakan, banyak kendaraan simpatisan Rizieq yang diparkir di jalan tol.

“Lalin Soekarno-Hatta yang masuk tol maupun yang keluar tol tersumbat kendaraan penjemput Habib Rizieq," tutur Tugiyo dalam keterangan suara, Selasa.

Baca juga: Ketua OJK: Pengusaha RI Jangan Ketinggalan Kereta

"Kendaraan penjemputan Habib pada parkir di tol sehingga menumpuk," tambah dia.

Tidak hanya jalur tol, Tugiyo mengatakan, kondisi sama juga terjadi di akses melalui Jalan Perimeter Utara dan Perimeter Selatan.

"Artinya, pergerakannya sudah beratlah, sudah susah," tutur Tugiyo.

Sementara itu, pantauan Kompas.com, massa penjemput Pemimpin FPI Rizieq Sihab melakukan aksi konvoi dari Pintu Tol Bandara Prof Soedijatmo menuju Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Selasa pagi.

Akibatnya, kemacetan panjang terjadi di Jalan Tol Bandara Prof Soedijatmo mengarah ke Bandara Soekarno-Hatta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com