Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Minta Trade Expo 2020 Digelar Secara Kreatif dan Inovatif

Kompas.com - 10/11/2020, 13:47 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo meminta Trade Expo Indonesia ke-35 Virtual Exhibition tahun 2020 digelar secara luar biasa.

Dia tak ingin acara yang digelar tiap tahunnya itu diselenggarakan secara biasa-biasa saja.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Negara saat membuka Trade Expo Indonesia ke-35 Virtual Exhibition tahun 2020 pada Selasa (11/10/2020).

“Walau pun di tengah pandemi trade expo, promosi, pameran dagang harus dirancang sebaik-baiknya, jangan biasa-biasa saja,” ujar Jokowi.

Baca juga: Pelaku UMKM Diminta Manfaatkan Banpres Produktif Sebaik-baiknya, Terutama yang Terdampak Pandemi Covid-19

Mantan Wali Kota Solo itu menambahkan, pameran dagang harus dilakukan dengan penuh kreatifitas.

Hal itu perlu dilakukan untuk mendukung keunggulan produk-produk dalam negeri, meluaskan pasar, serta menjakau konsumen yang lebih banyak.

“Lakukan dengan kekuatan inovasi, manfaatkan kecanggihan teknologi digital, bergerak ke virtual, bertransformasi dari offline ke online, tampilkan showcase yang menarik bagi buyers internasional. Ini jadi pengalaman baru untuk meningkatkan nilai tambah produk unggulan kita,” kata Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun meminta trade expo 2020 ini bisa menghasilkan transaksi yang besar. Dengan begitu, bisa menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia.

“Terakhir saya ingatkan lagi agar pameran produk ekspor yang secara rutin diselenggarakan tiap tahun dan tahun ini adalah untuk yang ke-35 betul-betul ada perubahan. Tidak hanya seremonial semata, tapi mampu menghasilkan transaksi ekspor yang tinggi, berdampak signifikan untuk menggerakan roda perekonomian kita,” ungkap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com