Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Bulan Terakhir, Pertamina Serap Produk UMKM Binaan Senilai Rp 3,5 Miliar

Kompas.com - 10/11/2020, 14:21 WIB
Rully R. Ramli,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) terus menyerap produk-produk UMKM binaannya. Langkah tersebut dilakukan guna mendukung kinerja UMKM di tengah pandemi Covid-19.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman melaporkan, dalam kurun waktu tiga bulan terakhir, pihaknya telah menyerap produk-proudk UMKM binaan senilai Rp 3,5 miliar.

"Seinget saya kalau enggak salah 3 bulan terakhir ini kita sudah menyerap lebih dari Rp 3 miliar atau mungkin lebih," katanya dalam konferensi pers virtual, Selasa (10/11/2020).

Baca juga: Jokowi: Jangan Pasif, Tawarkan Semua Potensi yang Kita Miliki

Lebih lanjut Fajriyah menyebutkan, dengan total nilai tersebut pihaknya telah menyerap lebih dari 1.000 produk mitra UMKM. Produk-produk tersebut dibeli oleh Pertamina untuk kebutuhan operasional perseroan.

"Maupun yang kita salurkan kepada masyarakat sebagai bantuan dari Pertamina," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Manager SMEPP Pertamina, Rudi Ariffianto menyebutkan, jika ditotal semenjak merebaknya Covid-19, pihaknya telah menyerap produk UMKM senilai Rp 12 miliar.

Selain menyerap produk, Pertamina juga melakukan pendampingan terhadap mitra binaan melalui Program Bina Lingkungan.

Program tersebut dilakukan guna memberikan pendampingan terhadap mitra-mitra binaan untuk lebih adaptif di tengah pandemi Covid-19.

"Misal, di bidang fashion, bisa berusaha untuk membuat masker. Sehingga mereka adaptif dalam situasi pandemi ini sehingga bisa mendapatkan omzet signifikan," ucapnya.

Baca juga: Akses ke Bandara Soekarno-Hatta Macet, 9 Penerbangan Sriwijaya Air Delay

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com