Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sri Mulyani Sebut Vaksin Pfizer Beri Sentimen Positif Perekonomian Dunia

Kompas.com - 10/11/2020, 14:49 WIB
Mutia Fauzia,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan, penemuan perusahaan farmasi asal Amerika Serikat (AS) Pfizer dan BioNTech soal vaksin dengan tingkat efektivitas mencapai 90 persen memberi sentimen positif bagi kondisi perekonomian di seluruh dunia.

"Ada beberapa berita positif disampaikan, salah satunya penemuan efektivitas salah satu vaksin oleh Pfizer yang menimbulkan sentimen positif di seluruh dunia," ujar Sri Mulyani dalam acara di CNBCIndonesia, Selasa (10/11/2020).

Bendahara Negara itu menjelaskan, selain sentimen dari titik terang penemuan vaksin, hasil pemilu Amerika Serikat dengan kemenangan Joe Biden turut memberikan sentimen positif.

Baca juga: Apabila Dua Tuntutan Temukan Jalan Buntu KSPI Kecam Aksi Mogok Kerja Nasional

Dia berharap, dengan kemenangan tersebut selain memberi sentimen positif juga diharapkan ada momentum pembalikan ekonomi di dalam negeri.

Namun demikian, dirinya menegaskan masih perlu dilakukan kerja keras agar perekonomian Indonesia benar-benar menunjukkan perbaikan di kuartal IV nanti.

"Ada berbagai hal kita masih perlu kerja lebih keras agar kuartal IV momentumnya lebih kuat," ujar dia.

Sri Mulyani memaparkan, meski kondisi mobilitas masyarakat sudah kain membaik, namun disiplin protokol kesehatan masih bisa diperketat.

Pasalnya, banyak negara di dunia yang saat ini sedang menghadapi gelombang kedua.

Negara-negara yang mengalami peningkatan kasus tersebut harus kembali menutup perekonomiannya ketika di sisi lain masyarakat juga sudah mulai lengah.

"Ini tentu menimbulkan kompleksitas dari sisi policy-nya karena masyarakat sudah cukup panjang dan lelah dan ekonominya mengalami tekanan, sehingga pada saat mereka harus menghadapi second wave, maka kemampuan dan endurance-nya untuk menangani meningkatnya covid itu juga akan sangat berbeda," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com