Gojek dan Narrators Hubungkan UMKM dengan Influencer untuk Bantu Pemasaran

Kompas.com - 10/11/2020, 18:23 WIB
Ilustrasi influencer ShutterstockIlustrasi influencer

JAKARTA, KOMPAS.com - Gojek resmi menggandeng Narrators, salah satu platform pemasaran, untuk meluncurkan aplikasi Tokotown Pro yang diperuntukkan bagi para merchant (mitra usaha) dalam menjangkau konsumen.

Melalui kerja sama tersebut, platform on-demand Tokotown Pro menyediakan akses langsung bagi para mitra usaha di ekosistem Gojek, agar terhubung dengan pembuat konten media sosial yang telah terverifikasi.

Founder & CEO Narrators Laurent Verrier mengatakan, dengan Tokotown Pro, para mitra usaha dapat berkolaborasi langsung dengan pembuat konten secara real-time, tanpa proses negosiasi yang merumitkan dan tidak memerlukan biaya tambahan.

Baca juga: Pelaku UMKM Diminta Manfaatkan Banpres Produktif Sebaik-baiknya, Terutama yang Terdampak Pandemi Covid-19

Sehingga, dengan begitu, para mitra usaha dapat bertukar produk maupun layanan, penawaran (promo, diskon), dengan konten yang dihasilkan oleh para content creator, untuk kemudian diposting di berbagai saluran media sosial, termasuk Instagram, Facebook, dan Tiktok.

"Upaya tersebut kami harapkan dapat mendukung para pedagang yang sebagian besar merupakan UMKM dalam memperluas jangkauan konsumen, mendorong arus konsumen ke gerai, sehingga dapat meningkatkan penjualan produk dan layanan," ujarnya mengutip siaran resminya, Selasa (10/11/2020).

Menurut dia, kolaborasi ini sejalan dengan upaya Gojek membantu UMKM dalam menerapkan digitalisasi operasional dan pemasaran.

Baca juga: UMKM Mau Dapat Endorse Gratis dari KFC? Begini Caranya

Sementara itu, VP Commercial Solutions and Operations Gojek Vincent Bachtiar mengatakan, para mitra usaha yang sebagian besar pelaku UMKM, selama ini kurang memiliki kesempatan untuk berkolaborasi dengan influencer atau content creator dalam mengkampanyekan gerai, produk, dan layanan juga.

Hal ini disebabkan karena akses ke jejaring sosial yang terbatas atau karena tingginya biaya.

"Oleh sebab itu dengan bekerja sama dengan Narators, kami menghadirkan produk dan layanan yang memudahkan dan menjadi andalan bagi para mitra usaha di Indonesia dalam mengembangkan usaha mereka, dengan menghubungkan ratusan ribu mitra usaha dalam ekosistem kami dengan komunitas influencer mikro dan makro Narrators yang luas," katanya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X