Kemenkop UKM Klaim Penyaluran BLT UMKM di Yogyakarta Tepat Sasaran

Kompas.com - 11/11/2020, 14:00 WIB
Ilustrasi gaji, upah, rupiah ShutterstockIlustrasi gaji, upah, rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Koperasi dan UKM mengklaim program penyaluran Banpres produktif di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta telah tersalurkan tepat sasaran.

Deputi Bidang Kelembagaan Kementerian Koperasi dan UKM Rulli Nuryanto mengatakan, beberapa penerima Banpres di Bantul dan Sleman yang langsung terhubung secara online bisa lebih survive.

Bahkan ada di antara pelaku UMKM yang di awal pandemi omzetnya sempat menurun, kemudian secara perlahan meningkat lagi.

Baca juga: Cerita Tukang Servis HP yang Dapat Bantuan BLT UMKM Rp 2,4 Juta

"Dari monitoring dan evaluasi 2 hari ini banyak pelaku UMKM yang ulet dan mereka mudah mengalihkan bisnisnya dari offline ke online, menyesuaikan kondisi yang ada. Mereka inilah yang bisa survive menghadapi setiap kesulitan," ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (11/11/2020).

Terkait dengan monitoring dan evalusias selama 2 hari di Kota Yogyakarta, Kabupaten Sleman, Gunung Kidul dan Bantul, Kemenkop menyatakan hal ini perlu terus dilakukan agar tujuan pelaksanaan dan penyaluran Banpres Produktif Untuk Usaha Mikro tepat sasaran, cepat, transparan dan akuntabel.

Di samping itu hasil monitoring ini dapat dipergunakan untuk melakukan penyempurnaan kebijakan maupun perbaikan sistem pendataan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Ini Jenis-jenis Usaha yang Bisa Mendapatkan BLT UMKM Rp 2,4 Juta

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM D.I.Y Srie Nurkyatsiwi menyatakan, data untuk penyaluran Banpres Produktif untuk usaha mikro ini sangat dinamis. Apalagi ada 270.000 UMKM yang terdata di Sistem Pembinaan Koperasi dan Pelaku Usaha (Sibakul).

"Intinya kami akan support data yang valid untuk Banpres produktif Untuk Usaha Mikro. Bahkan saat ini kami punya data by name by adress para pelaku UMKM. Harapannya ke depan ada pembiayaan dari perbankan untuk program yang lain," pungkasnya.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.