Pertamina Tegaskan Tak Ada Penarikan Tabung Elpiji 12 Kg, tetapi...

Kompas.com - 11/11/2020, 16:39 WIB
Tabung gas elpiji 12 kg digunakan usaha kecil menengah (UKM) Langgeng Sari untuk kegiatan produksi harian roti di pabrik mereka di kawasan Pejompongan, Jakarta Pusat. Akibat kenaikan harga gas ini, mereka berencana menaikkan pula harga roti dari Rp 2.000 menjai Rp 2.500. Gambar diambil Kamis (2/1/2014). KOMPAS/LASTI KURNIATabung gas elpiji 12 kg digunakan usaha kecil menengah (UKM) Langgeng Sari untuk kegiatan produksi harian roti di pabrik mereka di kawasan Pejompongan, Jakarta Pusat. Akibat kenaikan harga gas ini, mereka berencana menaikkan pula harga roti dari Rp 2.000 menjai Rp 2.500. Gambar diambil Kamis (2/1/2014).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) buka suara soal kabar penarikan tabung elpiji 12 kilogram (kg) di masyarakat. 

Unit Manager Communication Relations & CSR Pertamina MOR III, Eko Kristiawan, membantah kabar akan adanya penarikan tabung gas berwarna biru itu.

Ia menjelaskan, skenario yang akan terjadi ialah penukaran secara natural tabung elpiji 12 kg dengan tabung bright gas berwarna pink.

"Tidak ada penarikan, yang ada adalah penggantian secara alamiah atau natural," kata Eko kepada Kompas.com, Rabu (11/11/2020).

Baca juga: Menteri ESDM Minta Dirjen Migas Baru Tekan Impor BBM dan Elpiji

Lebih lanjut, Eko menjelaskan, penukaran akan dilakukan ketika pelanggan melakukan isi ulang tabung elpiji.

"(Penukaran) tergantung kesediaan (bright gas) juga," ujar dia.

Dengan demikian, Eko memastikan bahwa nantinya pelanggan yang belum mendapatkan tabung bright gas masih bisa menggunakan tabung elpiji 12 kg.

"Jadi bukan tabung 12 kg yang biru ditarik terus otomatis tidak berlaku," katanya.

Untuk penukarannya sendiri, Eko memastikan bahwa pihaknya tidak memungut biaya apa pun atau gratis.

"Pada dasarnya isi dan harga gas di tabung biru dan pink adalah sama," ucap Eko.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X