Jaga Harga Ayam Tetap Stabil, Ini yang Dilakukan Kementan

Kompas.com - 11/11/2020, 18:16 WIB
Ilustrasi daging ayam organik. SHUTTERSTOCK/NATALI_PLOSKAYAIlustrasi daging ayam organik.

JAKARTA, KOMPAS.com - Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kementerian Pertanian Nasrullah memaparkan, pemerintah dalam tiga bulan terakhir terus memantau harga ayam agar tetap stabil selama pandemi Covid-19.

Caranya, dengan cara menghitung stok daging ayam serta produksi yang dihasilkan sehingga permintaan (demand) dan pasokan suplai tetap berimbang.

"Apa yang kami lakukan tiga bulan terakhir, kami ingin menata dampak daripada kelebihan kita dan akibat dari pada kondisi covid yang menyebabkan konsumsi turun. Kami juga menghitung dengan cermat berapa sebenarnya produksi yang kita butuhkan, berapa stok yang ada," ujarnya dalam diskusi virtual Indef, Rabu (11/11/2020).

Baca juga: RI Lanjutkan Negosiasi Impor Daging Ayam Brasil

Menurut dia, Kementan tidak mungkin mengeluarkan surat edaran untuk meng-cutting daging ayam.

Sebelumnya, Kementan telah menerbitkan Surat Edaran (SE) Dirjen PKH No. 09246T/SE/PK/230./F/08/2020 tentang Pengurangan DOC Final Stock (FS) Melalui Cutting Hatching Egg (HE) Umur 18 Hari.

Penyesuaian Setting HE dan Afkir Dini Parent Stock (PS) Tahun 2020 diharapkan mampu menjaga pasokan suplai lebih stabil dan harga ayam hidup dapat merangkak naik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.