Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukit Asam Sebut Gasifikasi Batu Bara Dapat Tarik Investor hingga Tekan Impor Elpiji 1 Juta Ton per Tahun

Kompas.com - 11/11/2020, 19:05 WIB
Rully R. Ramli,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah tengah fokus mendorong berbagai upaya hilirisasi dan percepatan peningkatan nilai tambah batu bara.

Salah satu program hilirisasi yang didorong oleh pemerintah ialah pemrosesan batu bara menjadi dimethyl ether (DME) atau gasifikasi.

PT Bukit Asam (Persero) Tbk sebagai perusahaan tambang batu bara milik pemerintah menyebutkan banyaknya manfaat yang diterima dari proses gasifikasi batu bara.

Baca juga: Mulai Besok, BI Kembali Buka Penukaran Uang Rupiah Rusak

Corporate Secretary Bukit Asam, Apollonius Andwie C, mengatakan, salah satu manfaat utama yang dapat dirasakan dari gasifikasi adalah peningkatan realisasi investasi nasional.

"Pembangunan proyek gasifikasi batu bara menjadi DME akan mendatangkan investasi sebesar 2,1 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 32 triliun ke Indonesia," kata Apollonius dalam keterangan tertulis, Rabu (11/11/2020).

Oleh karenanya, Bukit Asam menargetkan kesepakatan kerja sama pengembangan proyek gasifikasi bersama dengan PT Pertamina (Persero) dan Air Products and Chemicals (AS) sebagai investor dapat ditandatangani pada bulan ini.

"Persiapan konstruksi proyek Coal to DME (di Tanjung Enim, Sumatera Selatan) ini akan dimulai pada awal tahun 2021 dan ditargetkan pabrik beroperasi pada triwulan-II tahun 2024," kata Apollonius.

Kemudian, gasifikasi juga menjadi solusi pemanfaatan batubara kalori rendah yang berpotensi tidak dapat dijual sebanyak 180 juta ton selama 30 tahun.

Rencananya, pabrik gasifikasi batu bara akan mengolah sebanyak 6 juta ton batu bara per tahun untuk menghasilkan 1,4 juta ton DME.

Baca juga: PGN Berhasil Realisasi Jargas Hingga 90 Persen di 23 Kabupaten dan Kota

Dengan produksi DME tersebut, diproyeksikan dapat menekan impor elpiji hingga lebih dari 1 juta ton per tahun.

"Pengurangan impor elpiji tersebut dapat menghemat cadangan devisa negara sebesar Rp 8,7 triliun per tahun atau Rp 261 triliun selama 30 tahun," ucap Apollonius.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com