KILAS

Pemerintah Austria Berkomitmen Bantu Kembangkan BLK Maritim Indonesia

Kompas.com - 11/11/2020, 20:10 WIB
Dirjen Binalattas Kemnaker, Budi Hartawan beserta jajarannya dalam kegiatan pengembangan BLK Maritim, BBPLK Medan melalui pembiayaan PHLN Austria di BBPLK Medan, Rabu, (11/11/2020). Dok. Humas KemnakerDirjen Binalattas Kemnaker, Budi Hartawan beserta jajarannya dalam kegiatan pengembangan BLK Maritim, BBPLK Medan melalui pembiayaan PHLN Austria di BBPLK Medan, Rabu, (11/11/2020).


KOMPAS.com - Direktur Jendral (Dirjen) Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Binalattas) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Budi Hartawan mengapresiasi komitmen Pemerintah Austria yang membantu pengembangan Balai Latihan Kerja (BLK) Maritim di Indonesia.

Hal itu ia sampaikan dalam groundbreaking kerja sama pengembangan Balai Latihan Kerja (BLK) Maritim, Balai Besar Pengembangan Pelatihan Kerja (BBPLK) Medan melalui pembiayaan Pinjaman dan Hibah Luar Negeri (PHLN) Austria di BBPLK Medan, Rabu, (11/11/2020).

"Kerja sama pengembangan itu dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas tenaga kerja yang kompeten dan berdaya saing di sektor kemaritiman," kata Budi seperti dalam keterangan tertulisnya.

Budi menuturkan, kegiatan pengembangan BLK maritim itu berlokasi di BBPLK Medan, BBPLK Serang,dan BLK Makassar.

Baca juga: Buah Manis Perjuangan Kemnaker pada Kasus CRI di Sidang ILO

Lebih lanjut, Budi menjelaskan, kegiatan pengembangan BLK Maritim tersebut mencakup empat hal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adapun empat hal yang dimaksud Budi yaitu pekerjaan konstruksi, pengadaan peralatan dengan standar negara Austria, training of trainer dan pendampingan teknis untuk tahap implementasi terutama pada saat proses pelatihan para pencari kerja.

Budi Hartawan juga menaruh harapan besar agar BIT Media e-solution Gesellschaft mit beschränkter (GmbH) sebagai pelaksana proyek kegiatan pengembangan BLK Maritim dapat mengulang cerita kesuksesan.

"Proyek tersebut diharapkan mampu menjadikan BBPLK Medan menjadi center of excellence untuk pengembangan dua kejuruan yaitu Tourism Hospitality dan Joinery," ujarnya.

Baca juga: Kemnaker Harap ACRF Buat Ketenagakerjaan ASEAN Lepas dari Dampak Buruk Covid-19

Tak hanya itu, Budi berharap agar implementasi kegiatan ini, bukan hanya di BBPLK Medan, tetapi juga di BBPLK Serang dan BLK Makassar.

Ia pun berharap dengan kegiatan ini, kerja sama Pemerintah Indonesia dan Austria, khususnya di bidang pelatihan vokasi, dapat semakin baik dan erat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.