Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Pemerintah Austria Berkomitmen Bantu Kembangkan BLK Maritim Indonesia

Kompas.com - 11/11/2020, 20:10 WIB
Maria Arimbi Haryas Prabawanti,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Direktur Jendral (Dirjen) Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Binalattas) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Budi Hartawan mengapresiasi komitmen Pemerintah Austria yang membantu pengembangan Balai Latihan Kerja (BLK) Maritim di Indonesia.

Hal itu ia sampaikan dalam groundbreaking kerja sama pengembangan Balai Latihan Kerja (BLK) Maritim, Balai Besar Pengembangan Pelatihan Kerja (BBPLK) Medan melalui pembiayaan Pinjaman dan Hibah Luar Negeri (PHLN) Austria di BBPLK Medan, Rabu, (11/11/2020).

"Kerja sama pengembangan itu dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas tenaga kerja yang kompeten dan berdaya saing di sektor kemaritiman," kata Budi seperti dalam keterangan tertulisnya.

Budi menuturkan, kegiatan pengembangan BLK maritim itu berlokasi di BBPLK Medan, BBPLK Serang,dan BLK Makassar.

Baca juga: Buah Manis Perjuangan Kemnaker pada Kasus CRI di Sidang ILO

Lebih lanjut, Budi menjelaskan, kegiatan pengembangan BLK Maritim tersebut mencakup empat hal.

Adapun empat hal yang dimaksud Budi yaitu pekerjaan konstruksi, pengadaan peralatan dengan standar negara Austria, training of trainer dan pendampingan teknis untuk tahap implementasi terutama pada saat proses pelatihan para pencari kerja.

Budi Hartawan juga menaruh harapan besar agar BIT Media e-solution Gesellschaft mit beschränkter (GmbH) sebagai pelaksana proyek kegiatan pengembangan BLK Maritim dapat mengulang cerita kesuksesan.

"Proyek tersebut diharapkan mampu menjadikan BBPLK Medan menjadi center of excellence untuk pengembangan dua kejuruan yaitu Tourism Hospitality dan Joinery," ujarnya.

Baca juga: Kemnaker Harap ACRF Buat Ketenagakerjaan ASEAN Lepas dari Dampak Buruk Covid-19

Tak hanya itu, Budi berharap agar implementasi kegiatan ini, bukan hanya di BBPLK Medan, tetapi juga di BBPLK Serang dan BLK Makassar.

Ia pun berharap dengan kegiatan ini, kerja sama Pemerintah Indonesia dan Austria, khususnya di bidang pelatihan vokasi, dapat semakin baik dan erat.

Sementara itu, Kepala BBPLK Medan Muhammad Ali Hapsah menambahkan, BBPLK Medan terus berkembang untuk menjadi salah satu BLK terbaik di wilayah Indonesia bagian barat.

"Banyak lulusan kami yang terserap dan diakui kualitasnya oleh industri," tutur Muhammad Ali Hapsah.

Baca juga: Tahun 2021, Kemnaker Siap Transformasi BLK dengan Program 4R

Muhammad Ali menegaskan, BBPLK Medan bertekad terus meningkatkan kualitas dalam mengembangkan potensi daerah melalui pariwisata, industri maupun produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

"Hal itu karena persaingan dalam dunia ketenagakerjaan dan perubahan di era globalisasi saat ini harus menyesuaikan dengan selera pasar kerja." ujar Muhammad Ali.

Sementara itu, Konselor Komersial Sigmund Nemeti menyampaikan, pemerintah Austria sejak 1990-an membantu pemerintah Indonesia dalam mengembangkan kualitas sumber daya manusia khususnya kapasitas vokasional ketenagakerjaan.

"Pemerintah Austria sangat berterima kasih kembali diberi kepercayaan dalam program kerja sama vokasional training center maritim di Kota Medan ini," kata Sigmund.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com