Gubernur BI Optimistis Kuartal IV Pertumbuhan Ekonomi Mulai Positif

Kompas.com - 12/11/2020, 13:48 WIB
Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo dalam konferensi video di Jakarta, Jumat (17/4/2020) Dok. Bank IndonesiaGubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo dalam konferensi video di Jakarta, Jumat (17/4/2020)

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo optimistis pertumbuhan ekonomi pada kuartal IV-2020 mendatang kembali positif.

Menurut Perry, tanda-tanda pemulihan sudah mulai terlihat pada kuartal III 2020.

Dia mengatakan, pemulihan itu didukung oleh berbagai indikator, salah satunya belanja pemerintah yang terus meningkat.

"Kami melihat dengan berbagai indikator dan belanja pemerintah terus meningkat, insya Allah kuartal IV ini pertumbuhan mulai positif meski belum tinggi," ujar Perry ketika melakukan rapat kerja dengan Komisi XI DPR RI, Kamis (12/11/2020).

Baca juga: Mulai Besok, BI Kembali Buka Penukaran Uang Rupiah Rusak

Pertumbuhan ekonomi pada kuartal III meski masih mengalami kontraksi, yakni sebesar minus 3,49 persen, sudah lebih baik jika dibanding dengan kuartal II yang minus 5,32 persen.

Perry mengatakan, dari semua komponen Produk Domestik Bruto (PDB) mengalami perbaikan.

"Terutama karena ekspansi percepatan realisasi anggaran, sehingga konsumsi pemerintah bisa mendorong pertumbuhan ekonomi," ujar dia.

Perry menjelaskan, dari sisi perekonomian global juga menunjukkan indikasi pemulihan. Hingga akhir tahun pertumbuhan ekonomi global diproyeksi mengalami kontraksi 3,8 persen namun akan kembali tumbuh positif 5,2 persen di tahun 2021 mendatang.

"Pola pemulihan ekonomi global berbeda dari satu negara ke negara lain antara lain dipengaruhi penanganan Covid-19, stimulus moneter dan fiskal, serta kegiatan ekonomi dan usaha," ujar Perry.

"China lebih awal untuk pulih, demikian juga emerging market dan negara maju. Kalau China kemungkinan sudah mulai pulih di kuartal IV-2020, dan negara lain baru 2021," tambah dia.

Baca juga: BI: Harga Properti Tumbuh Terbatas, Konsisten hingga Akhir Tahun



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X