IdeaFest 2020 Digelar 13-15 November, Ini Topik yang Jadi Pembahasan

Kompas.com - 12/11/2020, 20:52 WIB
Ilustrasi IdeaFest Yoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.comIlustrasi IdeaFest

JAKARTA, KOMPAS.com - Festival kreatif di Indonesia, IdeaFest kembali di gelar pada tahun ini. Lebih dari 150 profil inspiratif dari berbagai bidang kreatif lintas industri akan menjadi pembicara dalam event ini.

CEO Samara Media & Entertainment Ben Soebiakto mengatakan, sepanjang tahun 2020 masyarakat dihadapkan dengan ketidakpastian karena pandemi Covid-19. Alhasil banyak yang merasa tidak nyaman, putus asa, atau memilih beristirahat untuk memikirkan dan memeriksa kembali potensi yang sebenarnya dimiliki.

"Pandemi membawa masyarakat ke dalam sebuah perubahan kehidupan yang tak terduga dan tanpa persiapan, namun bukan berarti masyarakat harus menyerah," ujarnya dalam webinar IdeaFest 2020, Kamis (12/11/2020).

Baca juga: Produksi dan Ekspor CPO Mulai Merangkak Naik

Oleh sebab itu, IdeaFest 2020 mengusung tema restart, untuk mengajak masyarakat menata hari baru menuju tahun yang baru. Menurutnya, tahun ini adalah waktu untuk menemukan kembali keterampilan, mengubah inspirasi, ide, tujuan, serta impian.

Ia menjelaskan, work and business innovation menjadi materi dan konten yang bakal dibahas dalam IdeaFest kali ini. Mencakup pengembangan industri kreatif baru, pembahasan mengenai paradigma dan protokol bisnis baru, dan serta perkiraan tren masa depan pasca Covid-19.

"Kami ingin IdeaFest dapat memberikan dampak yang lebih besar dan efektif untuk terus berusaha, bergerak maju, dan memulai kembali," ujar dia.

Selain itu, materi lain yang akan dibahas dalam event ini adalah personal development, mencakup terkait permasalah kesehatan mental, pengembangan diri, kesehatan dan kesejahteraan.

Adapun materi mengenai planet dan society issue, yakni membahas mengenai isu-isu antara lain social enterprise, young activism, dan permasalahan lingkungan dunia terkini.

Baca juga: Bos OJK Sebut Rasio Kredit Macet Bisa Tembus 16 Persen Bila Tak Ada Restrukturisasi

Deputi Bidang Produk Pariwisata dan Penyelenggara Kegiatan Kemenparekraf, Rizki Handayani menyatakan, sektor pariwisata dan industri kreatif saling berkaitan, sehingga peran industri kreatif memang dapat membangkitkan kembali sektor pariwisata yang saat ini tertekan pandemi.

Maka dari itu, dengan diselenggarakannya event IdeaFest ini diharapkan turut mendorong peran para pelaku industri kreatif.

"Untuk beradaptasi dengan situasi saat ini, ada tiga komponen untuk bersama-sama membangkitkan sektor pariwisata dan industri kreatif Indonesia, yaitu kolaborasi, kontribusi, dan juga inovasi. Masyarakat harus terus berjalan maju, dan menghadapi segala tantangan," kata dia.

Adapun IdeaFest 2020 diselenggarakan secara virtual pada 13-15 November 2020. Selain sesi talks dan conference, dalam event ini terdapat pula program musik yang dapat dinikmati pengunjung.

Beberapa program memang dapat diakses dengan berbayar, namun ada beberapa program yang juga dapat dinikmati secara gratis. Seluruh rangkaian IdeaFest 2020 ini dapat disaksikan dengan cara mengunjungi www.ideafest.id.

Baca juga: Pembobolan Rekening Kerap Terjadi, Bagaimana Sebetulnya Sistem Kelola Bank?



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X