Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Luhut Sebut RI Mulai Keluar dari Resesi Ekonomi

Kompas.com - 12/11/2020, 21:12 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa kondisi perekonomian Indonesia mulai keluar dari resesi.

"Bapak-ibu sekalian, dari data-data ekonomi yang kita miliki sekarang ini semua angkanya baik. Kita sudah mulai keluar sebenarnya dari resesi ini," ujarnya melalui tayangan Youtube Kemenparekraf, Kamis (12/11/2020).

Luhut menyebutkan, berdasarkan laporan Badan Pusat Statistik (BPS), pertumbuhan ekonomi masih terkontraksi minus 3,49 persen. Namun, angka tersebut dinilai sudah lebih baik dari kuartal II-2020 yang minus 5,32 persen.

Baca juga: IdeaFest 2020 Digelar 13-15 November, Ini Topik yang Jadi Pembahasan

Selain itu, Luhut juga merujuk kepada arus kas (cashflow) seluruh bank. Ia mengatakan arus kas bank buku I-IV tidak tersendat.

Hal tersebut kata dia, menunjukkan ketersediaan dana di dalam negeri sangat cukup. Ia lantas menyimpulkan ekonomi Indonesia dalam konsisi yang baik.

Sebelumnya, BPS telah melaporkan produk domestik bruto (PDB) RI pada kuartal III-2020 minus 3,49 persen (year on year/yoy).

Dibandingkan kuartal II-2020, realisasi pertumbuhan ekonomi tersebut membaik. Pasalnya, pada kuartal II lalu, pertumbuhan ekonomi Indonesia mengalami kontraksi yang cukup dalam, yakni mencapai 5,32 persen.

Baca juga: Produksi dan Ekspor CPO Mulai Merangkak Naik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com