Kompas.com - 13/11/2020, 14:37 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak influencer Indonesia yang ternyata belum memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Padahal NPWP menjadi identitas bagi wajib pajak untuk menjaga ketertiban dalam administrasi perpajakan.

Humas Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Ferry Irwandi mengatakan, sebagai orang yang juga mengelola akun Youtube pribadi, dirinya sempat bertemu beberapa youtuber yang bahkan tidak memiliki NPWP.

Menurut dia, hal itu menunjukkan masih kurangnya pemahaman dan kesadaran mengenai perpajakan oleh para pelaku industri kreatif di sektor digital itu.

"Saya pernah ketemu beberapa youtuber, mereka enggak punya NPWP, (mereka) eggak ngerti. Padahal ujung-ujungnya itu akan bikin mereka kesulitan," ungkap Ferry dalam acara IdeaFest 2020 secara virtual, Jumat (13/11/2020).

Baca juga: NIK dan NPWP Bakal Digabung, Ini Penjelasan Dirjen Pajak

Kesulitan yang dimaksud kata dia, di antaranya adalah tak bisa mengakses pembiayaan ke perbankan atau lembaga keuangan formal lainnya. Sebab NPWP menjadi salah satu persyaratan untuk mengajukan kredit.

"Sekalipun pekerjaan influencer itu menjanjikan, tapi kalau enggak punya NPWP, jangan harap dapat akses pembiayaan dari perbankan," kata dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal senada juga diungkapkan oleh Direktur Bisnis Famous Allstars Alex Wijaya, yang mengatakan, mayoritas influencer yang bergabung di bawah naungan agensinya tak melaporkan NPWP.

Ia menjelaskan, sejak satu tahun beroperasi sebagai platform influencer marketing pertama di Indonesia, Allstars telah memiliki lebih dari 120.000 influencer yang bergabung. Sementara sudah 4.000 brand yang menjadi pengguna jasa platform ini.

Alex mengungkapkan, mayoritas influencer yang bergabung dengan Allstars berfokus pada tingkat mikro dan nano. Di sisi lain, pihak perusahaan selalu merekomendasikan para influencer untuk mendaftarkan NPWP-nya sebagai bagian dari pendataan.

Lantaran ini hanya bersifat rekomendasi, ia menemukan realitanya mayoritas para influencer tersebut tidak mendaftarkan NPWP-nya pada perusahaan.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.