Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Diskon Pertalite, Konsumsi Premium di Tangsel Turun hingga 88 Persen

Kompas.com - 13/11/2020, 14:38 WIB
Rully R. Ramli,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region III Jawa Bagian Barat melaporkan adanya penurunan konsumsi BBM jenis Premium di Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Penurunan tersebut disebabkan adanya diskon harga BBM jenis Pertalite sebesar Rp 800 per liter, menjadi Rp 6.850 dalam Program Langit Biru (PLB).

Unit Manager Communication Relation & CSR Pertamina Pemasaran Regional Jawa Bagian Barat, Eko Kristiawan mengatakan, pada periode dimulainya PLB tanggal 13 September 2020 hingga minggu ke dua bulan November 2020, rata-rata konsumsi harian produk BBM jenis Premium menurun drastis hingga 88 persen dari konsumsi normal harian yakni sebesar lebih dari 380 kiloliter (kl) per hari.

Baca juga: RUU Minol Dibahas Lagi, Ini Tanggapan Industri

Sebaliknya, konsumsi BBM jenis Pertalite dengan Research Octane Number (RON) 90 justru meningkat hingga sekitar lebih dari 160 kl per hari

"Tangerang Selatan merupakan kota penyangga ibu kota negara dengan posisi strategis, yang mendapat dukungan dari masyarakatnya untuk menjadi pelopor penerapan program energi bersih yang berujung pada meningkatnya kualitas udara dan lingkungan," ujar Eko dalam keterangan tertulis, Jumat (13/11/2020).

Selain itu, peningkatan konsumsi Pertalite juga diakibatkan adanya peningkatan aktivitas perekonomian daerah di Provinsi Banten.

Pertamina berharap dengan penggunaan energi BBM bersih yang rendah emisi, diharapkan pelestarian lingkungan dapat sejalan dengan kembali pulihnya aktivitas kegiatan ekonomi masyarakat di Banten, khususnya di Kota Tangerang Selatan.

"Semoga kualitas lingkungan, khususnya udara di Kota Tangerang Selatan bisa semakin bersih seiring dengan peningkatan penggunaan BBM yang berkualitas dan rendah emisi," ucap Eko.

Baca juga: BPK Soroti Pemborosan Keuangan KAI Sebesar Rp 65,56 Miliar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com