Gandeng Telkom, BTN Bagi-bagi Internet Gratis di 30 Desa Jawa Barat

Kompas.com - 13/11/2020, 15:41 WIB
Ilustrasi Internet istIlustrasi Internet

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk ( BTN) memberikan bantuan layanan internet gratis kepada pelajar atau siswa di 30 Desa di Jawa Barat.

Bank bersandi saham BBTN itu menggandeng PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (Telkom). Bantuan diberikan agar siswa bisa terus mengikuti kegiatan belajar daring (online) pada masa pandemi Covid-19.

Corporate Secretary Bank BTN Ari Kurniaman mengatakan, bantuan internet gratis bisa pula dimanfaatkan para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk menjual produknya secara online.

Bantuan tersebut bakal menjadi pilot project untuk diterapkan di seluruh Kantor Wilayah Bank BTN dalam rangka mendukung program percepatan peningkatan ekonomi desa yang diinisiasi Presiden Joko Widodo.

Baca juga: Kemenkeu Tegaskan Alokasi PMN Rp 42,3 Triliun ke BUMN Bukan Pemborosan

“Kami berharap layanan internet gratis ini dapat dimanfaatkan dan mendukung proses belajar mengajar hingga kegiatan ekonomi lain yang meningkatkan produktivitas dan ekonomi masyarakat desa,” jelas Ari dalam siaran pers, Jumat (13/11/2020).

Ari menyatakan, beberapa desa sebetulnya sudah mendapat layanan internet gratis sejak akhir Oktober lalu. Desa tersebut antara lain Desa Rancaekek Weta, Desa Ciporeat, Desa Padalarang, dan Desa Jingkang Tanjung Medan.

Dia berharap, penyediaan internet gratis dapat membantu pemerintah mempercepat pemulihan ekonomi nasional. Pasalnya, dampak ekonomi yang disebabkan pandemi membuat semakin banyak warga perkotaan yang kembali ke desa.

"Penyediaan internet gratis sejalan dengan program membangun desa yang gencar dilakukan pemerintah daerah Jawa Barat. Momentum ini dapat dijadikan untuk memacu ekonomi desa sekaligus mendorong pemulihan ekonomi nasional," katanya.

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga menambahkan, kegiatan pemberian internet gratis ini tidak hanya dilakukan di Jawa Barat tetapi juga daerah lainnya.

Arya menyampaikan, Menteri BUMN Erick Thohir mengapresiasi langkah BTN dan Telkom. Sebab bantuan internet gratis ini dapat dimanfaatkan juga oleh UMKM

"Kalau jualan UMKM dibeli artinya konsumsi masyarakat akan meningkat. Nah konsumsi masyarakat ini yang bisa menggerakkan pertumbuhan ekonomi Indonesia," sebut Arya.

Baca juga: Transformasi Holding BUMN Perkebunan Jalan Terus



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X