5 Tips agar Pembeli Bisa Menjadi Pelanggan Tetap

Kompas.com - 13/11/2020, 17:39 WIB
Ilustrasi belanja online SHUTTERSTOCKIlustrasi belanja online

JAKARTA, KOMPAS.com - Semua pengusaha atau penjual pasti menginginkan banyak pembeli. Apalagi ketika pembeli tersebut bisa menjadi langganan, yang sangat royal dan sering untuk berbelanja produk-produk dari apa yang kita jual.

Namun, tidak semua orang tahu bagaimana cara melakukannya.

Merchant Education Senior Lead Tokopedia Pipit Indrawati mengatakan, setidaknya ada 5 cara yang bisa dilakukan agar pembeli menjadi pelanggan yang loyal

"Pertama adalah cepat membalas pesan. Ini penting sekali, sebab ketika Anda lama membalas pesan dari pembeli Anda, bisa dipastikan pembeli sudah lari ke toko yang lain," ujarnya dalam jumpa pers virtual Tokopedia, Jumat (13/2/2020).

Baca juga: 4 Tips Mengatur Uang Ketika Terkena PHK

Dia menyebutkan, batasan waktu paling lama untuk membalas pesan pembeli adalah sejam. Jika dalam waktu sejam penjual tidak memberikan respons atau tidak membalas pesan dari pembeli, pembeli akan merasa kecewa dan langsung memilih untuk tidak berbelanja atau bahkan langsung berpindah ke toko yang lain.

Lalu yang kedua adalah cepat melakukan proses pesanan.

Pipit menyatakan, jika pesanan semakin cepat dilakukan dan diproses, maka pihak pembeli pun semakin merasa senang.  Sehingga, pembeli sudah memberikan kepercayaannya untuk terus berbelanja di toko kita.

Ketiga, membuat kemasan yang menarik dan aman. Apalagi saat ini, ritual membuka pesanan atau unboxing sudah menjadi favorit pembeli, khususnya pesanan yang memiliki kemasan yang lucu dan menarik.

Selain itu, perlu juga dipastikan keamanan dari produk tersebut.

Keempat, menanggapi komplain pembeli dengan sabar. Dia mengakui, memang setiap pembeli memiliki karakter yang berbeda-beda, oleh sebab itulah penjual harus sabar untuk menanggapi semua bentuk komplainan yang ada.

Adapun yang kelima adalah komunikasi yang ramah.

"Kadangkala, ada saja pembeli yang hanya sekadar bertanya tapi tidak membeli. Tapi di situlah kita diuji untuk memberikan pelayanan yang terbaik, dengan menggunakan komunikasi yang baik. Momen-momen seperti itu jugalah yang kadang bisa membuat pembeli kita ingat dengan toko dan layanan kita, jadi harus dijaga sikap dan cara berkomunikasi," papar dia.

Baca juga: Platform Ini Tawarkan Langganan Belanja Kebutuhan Rumah, Bisa Cuma 1 Produk



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X