Punya Bisnis Online? Ini Tips Memilih Layanan Pengiriman Barang

Kompas.com - 13/11/2020, 18:00 WIB
Ilustrasi digitalisasi bagi UMKM. DOK. SHUTTERSTOCKIlustrasi digitalisasi bagi UMKM.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Di tengah perkembangan teknologi digital, bisnis tidak lagi mengharuskan seseorang untuk membuka toko secara fisik.

Sebab, semua hal sudah bisa dilakukan secara online melalui berbagai dukungan, mulai dari toko online, sosial media, hingga jasa pengiriman barang yang cepat.

Merchant Education Senior Lead Tokopedia Pipit Indrawati mengatakan, para pelaku bisnis online tidak boleh merehmekan jasa pengiriman barang. Sebab layanan tersebut sangat membantu, baik itu pembeli mapun penjual.

"Ketika kita memilih jasa pengiriman yang bagus, dampaknya banyak. Pelanggan kita tidak kecewa karena ketepatan waktu. Dengan begitu mereka bisa memberikan kepercayaan untuk berbelanja terus di toko kita kan," ujarnya dalam jumpa pers virtual Tokopedia, Jumat (13/2/2020).

Baca juga: Mumpung Masih Muda, Rencanakan Masa Pensiun Bahagia Sedini Mungkin!

Dia pun membeberkan ada 4 tips yang bisa dikukan oleh pebisnis online dalam menentukan layanan pengiriman.

Pertama, menyesuaikan kurir dengan jenis produk di toko. Dia menjelaskan, ada beberapa toko yang menjual produk-produk makanan yang siap saji.

Oleh sebab itu, ketika produk yang dijual tidak bisa bertahan lama, harus membutuhkan kurir yang memiliki layanan same delivery atau pengantaran dalam hari itu juga.

"Enggak mungkin kan ketika kita menjual produk buah dan sayuran kita pakai kurir yang biasa. Bisa-bisa produknya udah layu atau busuk, makanya dipilih kurir yang memiliki layanan Instant atau same day delivery," ungkapnya.

Kedua, memilih kurir yang memiliki layanan antar ke agen atau dijemput kurir. Hal ini juga tak cukup kalah penting, sebab ketika barang yang mau dikirim dalam jumlah yang banyak, lebih baik menyuruh kurir untuk menjemput langsung ke toko.

Ketiga, menyesuaikan dengan ketersediaan di area toko. Keempat, mengaktifkan asuransi pengiriman.

"Mengapa asuransi pengiriman perlu? Untuk menjaga produk yang dijual dari masalah atau kecelakaan dalam pengiriman. Kan enggak ada yang tahu, makanya kita harus memilih layanan pengiriman yang memiliki asuransi," ucapnya.

Baca juga: Pemerintah Geber Anggaran Rp 1.200 Triliun di Akhir Tahun, Efektif Dorong Pertumbuhan Ekonomi?



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X