Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendag Agus Angkat Ekonom UI Jadi Jubir Kemendag

Kompas.com - 13/11/2020, 18:09 WIB
Yohana Artha Uly,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto mengangkat ekonom Universitas Indonesia (UI) Fithra Faisal Hastiadi menjadi juru bicara (jubir) Kementerian Perdagangan (Kemendag).

Hal itu diketahui usai Ikatan Alumni (Iluni) UI melalui instagram resminya memberikan ucapan selamat kepada Fithra sebagai Jubir Kemendag.

Sekretaris Jenderal Kemendag Suhanto pun membenarkan kabar tersebut. Menurut dia, sebelum menjadi Jubir Kemendag, Fithra telah lebih dahulu menjadi Tenaga Ahli Mendag.

"Juru Bicara Kemendag ada Pak Wisnu (dari) Staf Ahli dan Pak Fithra, yang selama ini (juga sudah menjabat) sebagai Tenaga Ahli Mendag," ujarnya kepada Kompas.com, Jumat (13/11/2020).

Baca juga: Mendag: Perjanjian Perdagangan Bebas ASEAN Tak Bikin Banjir Impor

Menanggapi hal itu, Fithra kepada media mengatakan, pengangkatannya sebagai Jubir Kemendag sudah sejak 10 November 2020 berdasarkan Surat Keputusan (SK) Mendag.

"Kemendag menunjuk saya menjadi jubir untuk meningkatkan komunikasi publik, mengingat tugas Kemendag yang memang sangat luas," ungkapnya.

Melansir laman UI, Fithra menyelesaikan pendidikan sarjana ekonominya di UI. Kemudian ia melanjutkan studinya di Keio University,, Jepang, untuk mendapatkan gelar master, serta Waseda University, Jepang, untuk gelar doktoralnya.

Saat ini Fithra merupakan Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI. Sebelumnya ia pernah menjadi peneliti di Asian Development Bank Institute (ADBI) dan peneliti senior Dewan Ekonomi Nasional yang memberikan nasihat pada Presiden Indonesia era Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tahun 2012-2013.

Baca juga: Mendag Minta Pengusaha Ritel Bisa Manfaatkan E-Commerce

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com