Minat Masyarakat Naik Pesawat Dinilai Mulai Naik, Ini Indikatornya

Kompas.com - 14/11/2020, 15:34 WIB
Calon penumpang berjalan di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (9/7/2020). ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRACalon penumpang berjalan di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (9/7/2020).
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II (Persero) menilai ada indikasi membaiknya permintaan masyarakat atas penerbangan dari Bandara Soekarno-Hatta. Hal tersebut karena meningkatnya jumlah kapasitas kursi penerbangan.

Demand tumbuh diikuti peningkatan supply, dan ini dapat berjalan dengan baik di Bandara Soekarno Hatta," kata President Director AP II Muhammad Awaluddin melalui siaran pers, Sabtu (14/11/2020).

"Saat minat masyarakat untuk terbang naik, Angkasa Pura dan maskapai mampu menyediakan kursi penerbangan yang dibutuhkan. Sehingga, tercipta iklim positif di Bandara Soekarno-Hatta,” sambung dia.

Baca juga: BLT Subsidi Gaji Termin 2 Belum Masuk Rekening? Simak Penjelasan Menaker

Berdasarkan laporan lembaga penyedia data penerbangan global, OAG, yang berbasis di Inggris, kapasitas kursi penerbangan (seat capacity) yang tersedia di Bandara Soekarno-Hatta pada Oktober 2020 tercatat sekitar 2 juta kursi, atau naik 0,2 persen dibandingkan dengan September 2020.

Di sisi lain, kapasitas kursi tersebut sudah mencapai sekitar 57 persen dari posisi Oktober 2019 saat tidak ada pandemi Covid-19 yakni sebanyak 3,55 juta kursi.

Kapasitas kursi penerbangan di Bandara Soekarno Hatta pada Oktober 2020 tercatat lebih banyak dibandingkan dengan bandara lain, seperti Bandara Changi (314.084 kursi), Hong Kong (499.370 kursi), Seoul (861.355 kursi).

Sementara itu kursi penerbangan di Bandara Amsterdam (1,59 juta kursi), Paris Charles de Gaulle (1,32 juta kursi), Chicago O’Hare, (1,91 juta kursi), Frankfurt (1,30 juta kursi), Istanbul (1,51 juta kursi), dan Dubai (1,5 juta kursi).

Awaluddin mengatakan, peningkatan permintaan terhadap penerbangan sendiri didorong kepercayaan masyarakat dengan rasa aman dan nyaman di tengah pandemi sejalan dengan protokol kesehatan yang ketat dan kesigapan yang dijalankan oleh Bandara Soekarno Hatta.

Baca juga: Berapa Saham Pemprov DKI di Perusahaan Bir Anker?



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X