Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER DI KOMPASIANA] Banjir Promo 11.11 | UMK Rendah di Brebes | Sirkuit Mandalika Jadi Cadangan

Kompas.com - 14/11/2020, 15:42 WIB
Harry Rhamdhani

Penulis

KOMPASIANA---Saat pandemi dan resesi, berbagai platform jual beli online berloba-lomba berikan tawaran yang menggiurkan: dari diskon hingga gratis barang tertentu.

Setiap tahun, tepat pada 11 November para merchant benar-benar mamanjakan para konsumen dalam tajuk promo 11.11. Akan tetapi, kita semua tahu bahwa keadaan finansial tidak sedang baik-baik saja.

Sebagai konsumen, tentu saja, kita tidak ingin rugi --dalam arti membeli barang yang justru malah tidak begitu perlu kegunaannya. Artinya, amat bijak jika pada promo 11.11 kita dapat membeli hanya sesuai kebutuhan.

Jadi, sudah mendapat barang apa saja sejak kemarin?

Selain geliat promo 11 November itu, masih ada konten terpopuler dan menarik lainnya di Kompasiana dalam sepekan.

1. Maaf Ya... Harbolnas 11.11 Kali Ini Saya "Nggak" Dulu

Kompasianer Martha Weda tahu setiap kali ada promo 11.11 pasti banyak ditunggu oleh orang-orang. Apalagi sebagai Ibu Rumah Tangga jika bisa memanfaatkan momen langka ini guna berburu barang murah.

Akan tetapi, khusus pada tahun ini, Kompasianer Martha Weda lebih memilih untuk pasif saja, sebagai pendengar dan penonton.

Kompasianer Martha Weda menjelaskan ada 3 alasan/faktor yang membuatnya seperti itu.

"Menyikapi kondisi yang tidak biasa ini, saya menahan diri dari berbelanja barang secara berlebihan. Saat ini saya lebih mengutamakan kebutuhan daripada keinginan," tulisnya. (Baca selengkapnya)

2. Sulitnya Hidup di Brebes, UMK Rendah tapi Biaya Hidup Jakarta

Menggambarkan Brebes saat ini, tulis Kompasianer Yudi Rahardjo, ibarat gula yang diperebutkan banyak semut.

Kabupaten yang kini sedang menjadi incaran banyak pabrik dan menjadi kawasan industri. Pasalnya, sebagaimana Kompasianer Yudi Rahardjo menganggap Brebes adalah lokasi yang dinilai strategis adalah hal yang tidak terbantahkan.

Akan tetapi, sayangnya itu tidak berbanding lurus dengan biaya hidup dengan UMK Brebes yang hanya sekitar Rp 1,8 juta, untuk biaya uang kost yang ada di dekat pabrik, dibutuhkan biayanya sekitar Rp 600-700 ribu.

"Keadaan ini disebabkan oleh warga Brebes yang memiliki kiblat wilayah pabrik seperti di JABODETABEK Bekasi, harga makanan yang ada di Brebes dibuat bersaing seperti harga makanan di sana," lanjut Kompasianer Yudi Rahardjo. (Baca selengkapnya)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com