Tips Lengkap bagi Sandwich Generation yang Ingin Dapatkan Kebebasan Finansial

Kompas.com - 16/11/2020, 06:07 WIB
Ilustrasi generasi milenial menabung, ilustrasi Sandwich Generation SHUTTERSTOCKIlustrasi generasi milenial menabung, ilustrasi Sandwich Generation

KOMPAS.com - Sandwich generation atau generasi sandwich menjadi salah satu sorotan di kalangan anak muda yang berfokus pada masalah finansial.

Akar masalah sandwich generation kterletak kepada orang tua yang tidak merencanakan keuangannya dengan baik. Sehingga, anak menggantikan tanggung jawabnya untuk menghidupi orang tua yang sudah pensiun atau sudah tidak produktif.

Bukan hanya gagal dalam merencanakan hari tua, sandwich generation juga kerap dikaitkan menjadi generasi yang terbebani, karena harus menghidupi keluarganya sendiri.

Untuk menyadari bahwa kita termasuk golongan sandwich generation, financial planner Finansialku, Muhammad Rizqi BA, CFP® memberikan tolok ukurnya.

Baca juga: Memahami Masalah Finansial, dari YOLO hingga Sandwich Generation

Uang yang kita dapat sama besar dengan pengeluaran setiap bulannya. Ini yang menyebabkan sulit untuk menabung, dan setiap tahunnya semakin terpuruk karena inflasi. Sedangkan tabungan tidak ada dan biaya hidup terus bertambah,” sebut dia.

Rizqi mengungkapkan bahwa sangat penting bagi sandwich generation untuk memulai kelola keuangan. Bukan hanya itu, tapi bagi siapapun yang sudah menerima gaji pertama harus mulai mengelola keuangannya.

Penting juga untuk diingat bahwa merencanakan keuangan itu bukan hanya ketika sudah memiliki uang. Dari sebelum memiliki pendapatan pun harus sudah mengetahui arah tujuannya nanti.

Rizqi mengibaratkan, banyak orang berpindah kerja dikarenakan mereka belum mengetahui apa yang mereka cari dalam hidup. Sehingga, penting bagi sandwich generation untuk memulai rencana keuangan sedini mungkin.

Rizqi pun memberikan tips-tips bagi sandwich generation untuk meraih financial freedom.

1. Terbuka dan diskusi dengan keluarga

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X