Ridwan Kamil Sebut Amazon Akan Bangun Data Center Senilai Rp 40 Triliun di Jabar

Kompas.com - 16/11/2020, 14:40 WIB
Usai Rapat Koordinasi di Mapolda Jabar, Senin (12/10/2020), di Mapolda Jabar, Kota Bandung, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebut untuk pertama kalinya zona merah di jabar hanya tiga daerah, yakni Kabupaten Karawang, Kabupaten Bekasi dan Kuningan, sementara Jabodetabek membaik dan tidak ada zona merah. KOMPAS.COM/AGIE PERMADIUsai Rapat Koordinasi di Mapolda Jabar, Senin (12/10/2020), di Mapolda Jabar, Kota Bandung, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebut untuk pertama kalinya zona merah di jabar hanya tiga daerah, yakni Kabupaten Karawang, Kabupaten Bekasi dan Kuningan, sementara Jabodetabek membaik dan tidak ada zona merah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkapkan, perusahaan teknologi raksasa asal Amerika Serikat (AS), Amazon, bakal membangun infrastruktur pusat data (data center) di Jawa Barat.

Lewat perusahaan Amazon Web Service (AWS), Jeff Bezos yang merupakan orang terkaya di dunia disebut bakal membangun fasilitas layanan cloud computing dengan nilai investasi mencapai Rp 40 triliun.

"Salah satu perusahaan digital terbesar berivestasi sekitar Rp 30 triliun-Rp 40 triliun untuk membangun data center," ungkap Emil, sapaan akrabnya, dalam West Java Invesment Summit 2020 secara virtual, Senin (16/11/2020).

Baca juga: Setuju Premium Dihapus, YLKI Minta Diskon Pertalite Diperpanjang

Menurutnya, investasi data center oleh Amazon tersebut tak hanya akan melayani wilayah Indonesia saja, tapi juga hingga seluruh kawasan ASEAN.

Kata Emil, investasi Amazon tersebut akan mendorong digitalisasi di Jawa Barat, sekaligus menjadikan provinsi tersebut menjadi bakcbone data center di ASEAN.

"Kami sedang melakukan inovasi digital, beralih ke digital. Dan saya sangat bangga, Jawa Barat akan pun bakcbone data center yang akan melayani perusahaan digital bahkan di seluruh ASEAN," kata dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Wacana investasi ini memang sudah terdengar sejak tahun lalu. Saat itu, Emil mengungkapkan, ada tiga wilayah di Jawa Barat yang bakal jadi lokasi untuk pembangunan infrastruktur data center itu, namun ia belum bisa membocorkan lantaran masih dalam pembahasan.

"Ada tiga wilayah, tapi bukan Bandung Raya," ungkapnya Kamis (25/3/2019).

Baca juga: Duit Tabungan Winda di Maybank Tak Bisa Diganti LPS, Apa Alasannya?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.