Pelabuhan Patimban Ditargetkan Beroperasi Desember 2020 untuk Aktivitas Ekspor dan Impor

Kompas.com - 16/11/2020, 15:11 WIB
Aktivitas pengerjaan proyek Pelabuhan Patimban di Cirebon. Pemprov Jabar tengah menggodok skempa pembiayaan proyek pemerintah melalui pembiayaan Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU). Dokumentasi Humas Pemprov JabarAktivitas pengerjaan proyek Pelabuhan Patimban di Cirebon. Pemprov Jabar tengah menggodok skempa pembiayaan proyek pemerintah melalui pembiayaan Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah tengah memfinalisasi pembangunan tahap I.1 Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat.

Rencananya, pelabuhan tersebut sudah dapat beroperasi pada Desember 2020.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan, di penghujung tahun, Pelabuhan Patimban sudah dapat memfasilitasi ekspor, impor, dan distribusi peti kemas dan juga kendaraan roda empat atau mobil.

"Secara umum bahwa saat ini Patimban akan menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan yang Insya Allah Desember bisa kita gunakan," kata Budi dalam sebuah diskusi virtual, Senin (16/11/2020).

Baca juga: Meski Lebih Berpengalaman, Mengapa Samudera Indonesia Tak Lolos Lelang Operator Pelabuhan Patimban?

Budi menjelaskan, pada tahap I.1, Pelabuhan Patimban sudah dapat mengoperasikan terminal peti kemas seluas 35 hektare (ha), yang mampu menampung 250.000 Twenty-foot Equivalent Unit (TEUs) peti kemas.

"Dan untuk kendaraan seluas 25 hektare dengan kapasitas mobil sebanyak 218.000 CBU (Compeletely Bulit Up)," ujar dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mantan Direktur Utaman PT Angkasa Pura II (Persero) itu menyebutkan, pada Desember mendatang, Pelabuhan Patimban baru akan dioperasikan untuk melayani pengiriman mobil.

"Harapannya adalah bulan Desember, kita akan gunakan pertama kali untuk halte terminal yang bisa dilakukan pengangkutan ekspor-impor mobil dan juga distribusi mobil ke seluruh Indonesia," ujar Budi.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, Agus Purnomo menjelaskan, saat ini Kemenhub tengah merampungkan proyek yang telah digarap sejak 2018 itu.

"Insya Allah pada bulan Desember akan diadakan soft launching yaitu untuk terminal kendaraan dermaga sudah siap sepanjang 350 meter," ucap Agus.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X