Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BPS: Libur Panjang di Oktober 2020 Pulihkan Minat Belanja Masyarakat

Kompas.com - 16/11/2020, 15:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan, selama libur panjang pada Oktober 2020 terjadi kenaikan belanja masyarakat. Hal tersebut terlihat dari peningkatan mobilitas masyarakat di tempat belanja kebutuhan sehari-hari.

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Setianto menjelaskan, pada Oktober 2020 mobilitas masyarakat di tempat belanja kebutuhan sehari-hari meningkat 0,3 persen di atas normal sepanjang Oktober 2020. Padahal bulan sebelumnya masih minus 2,3 persen.

"Aktivitas perdagangan ritel dan rekreasi membaik sepanjang Oktober tapi masih di bawah kondisi normal," ujar Setianto dalam konferensi pers virtual, Kamis (16/11/2020).

Baca juga: Mendag: Pesatnya Belanja Online Harus Dibarengi Perlindungan Konsumen

"Untuk mobilitas masyarakat di tempat belanja kebutuhan sehari-hari memasuki Oktober terlihat minat masyarakat berbelanja mulai pulih seperti kondisi normal bahkan libur panjang akhir Oktober," jelas dia.

Selain itu, aktivitas masyarakat di taman dan tempat transit juga mengalami peningkatan, meskipun masih di bawah kondisi normal.

Dia menjelaskan kegiatan masyarakat di taman minus 7,5 persen di Oktober 2020, meningkat dibandingkan bulan sebelumnya minus 10,4 persen.

Sementara aktivitas masyarakat di tempat transit meski minus 32,3 persen di bulan lalu, namun angka tersebut meningkat dibandingkan September 2020 yang minus 36 persen.

"Di tempat transit, penempatan libur panjang menyebabkan peningkatan aktivitas di sektor transportasi, baik bandara, terminal, stasiun. Namun masih di bawah kondisi normal,” jelasnya.

Baca juga: Pemerintah Wajibkan Kementerian dan Lembaga Belanja Produk UMKM

Mobilitas perdagangan ritel dan rekreasi pada Oktober 2020 meningkat sedikit dibandingkan bulan sebelumnya, menjadi minus 17,3 persen.

Mobilitas di tempat kerja mengalami penurunan dibandingkan September 2020. Di Oktober 2020, mobilitas di tempat kerja minus 23,1 persen, padahal bulan sebelumnya minus 18,9 persen.

Begitu juga dengan aktivitas masyarakat di rumah yang turun, dari 11,8 persen di September menjadi 9,9 persen di bulan lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+