Sektor-sektor yang Prospektif untuk Investasi di Sisa Tahun 2020

Kompas.com - 16/11/2020, 16:03 WIB
Ilustrasi investasi Dok. SHUTTERSTOCK/LOOKERSTUDIOIlustrasi investasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Akhir tahun hanya tinggal 1,5 bulan lagi. Tentunya perlu punya strategi investasi agar tetap membukukan kinerja portofolio yang baik di tahun ini.

Portfolio Manager Equity PT Manulife Aset Manajemen Indonesia, Andrian Tanuwijaya mengatakan, strategi investasi di sisa tahun 2020 difokuskan pada sektor siklikal yang diuntungkan oleh pemulihan ekonomi domestik maupun global.

"Kami juga terus mencermati likuiditas dan volatilitas untuk memastikan pengelolaan investasi memberikan hasil optimal dengan risiko yang terkendali," kata Andrian melalui siaran pers, Senin (16/11/2020).

Baca juga: Hadapi Resesi, Diversifikasi Portofolio Jadi Solusi

Sektor siklikal seperti komoditas, perbankan, dan discretionary diproyeksikan akan terus bertahan hingga akhir tahun, lantaran sempat tertekan selama kuartal II tahun 2020 atau saat awal pandemi Covid -19 terjadi.

Di sisi lain, fenomena meningkatnya partisipasi investor domestik masih akan terus berlanjut ke depannya. Hal ini mengingat secara fundamental pasar saham Indonesia semakin menarik ditopang oleh pemulihan earnings, stabilitas makro ekonomi dan valuasi yang juga relatif murah jika dibandingkan dengan negara kawasan.

"Selama pasarnya suportif, didukung oleh fundamental yang baik tadi, maka mestinya partisipasi investor domesik pada pasar saham Indonesia masih akan berlanjut," ujar Andrian.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X