Kinerja Pasar Saham 2021 Diproyeksikan Positif, Dua Risiko Ini Perlu Dicermati Investor

Kompas.com - 16/11/2020, 16:30 WIB
Ilustrasi bursa thikstockIlustrasi bursa

JAKARTA, KOMPAS.com - Di tengah ketidakpastian yang terjadi, kondisi pasar saham diproyeksikan masih cemerlang di tahun depan.

Portfolio Manager Equity PT Manulife Aset Manajemen Indonesia, Andrian Tanuwijaya mengatakan, beberapa faktor baik internal dan ekternal mendorong kinerja positif pasar modal di tahun depan.

"Dari sisi internal, tren pemulihan pertumbuhan earnings perusahaan sejalan dengan berlanjutnya pemulihan ekonomi domestik," kata Andrian melalui siaran pers Senin (16/11/2020).

Baca juga: Jelang Akhir Tahun, Simak Portofolio Investasi yang Bisa Dilirik

Andrian menyebut, kurva Covid-19 yang cenderung melandai baik dari tingkat infeksi dan tingkat kematian, perkembangan positif distribusi vaksin diharapkan dapat memberikan sentimen yang positif terhadap ekonomi riil dan pasar finansial.

Selain itu, pengesahan Omnibus Law berpotensi menjadi sumber baru pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Valuasi pasar saham Indonesia yang cukup menarik, baik dibandingkan secara historis maupun relatif terhadap kelas aset lainnya berpotensi mendorong penguatan pasar saham lebih tinggi lagi," jelas dia.

Sementara dari sisi eksternal, kinerja positif pasar modal didukung oleh hasil dari pemilu AS.

Meskipun diperkirakan tidak menghilangkan ketegangan geopolitik sepenuhnya terkait dengan konflik dagang, namun besar kemungkinan pendekatan yang dilakukan akan lebih tidak konfrontatif dibandingkan dengan pemerintahan sebelumnya sehingga gejolak pasar terutama di negara berkembang akan berkurang.

Baca juga: Ini Waktu yang Tepat Meninjau Portofolio Investasi Anda

Di sisi lain, katalis positif ini juga memiliki dua risiko yang perlu dicermati investor. Di antaranya, penundaan ketersediaan vaksin.

"Perkembangan vaksin merupakan salah satu faktor utama pemicu optimisme pasar karena diyakini vaksin dapat menjadi solusi terhadap penyebaran pandemi dan mengembalikan aktivitas kehidupan dan ekonomi menjadi lebih normal," ungkap dia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X