Komisi VIII DPR Bakal Panggil Sri Mulyani Bahas Perubahan Anggaran Bencana

Kompas.com - 16/11/2020, 19:00 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di Jakarta, Rabu (26/2/2020). KOMPAS.COM/MUTIA FAUZIAMenteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di Jakarta, Rabu (26/2/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi VIII DPR RI berencana akan memanggil Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Pemanggilannya tersebut dikaitkan dengan perubahan dan pengalokasian anggaran bencana.

Hal ini dikemukakan oleh Ketua Komisi VIII DPR Yandri Susanto dalam rapat kerja dengan eselon I Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Dalam rangka menghindari kerugian, pemerintah dapat mengasuransikan aset pemerintah.  Tolong nanti diundang Menteri Keuangan secara khusus karena ini menyangkut masalah anggaran negara," katanya melalui tayangan virtual, Senin (16/11/2020).

Baca juga: Sri Mulyani Sebut Ekonomi Digital Tak Maksimal bila Tak Ada UU Cipta Kerja

Yandri sempat menyinggung beberapa usulan perubahan terkait anggaran bencana. Salah satu usulannya adalah dana siap pakai yang akan diatur dalam rancangan undang-undang (RUU) penanggulangan bencana.

Menurut dia, dengan adanya dana siap pakai, penggunaan dana tak perlu lagi menunggu rapat DPR dan pemerintah ketika ada bencana.

"Tapi kami berkepentingan bahwa karena bencana itu bukan kehendak kita, dan tidak diduga kapan terjadi bencana maka negara perlu hadir dengan menempatkan anggaran sebesar dua persen," ujarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: ADB Beri Pinjaman ke RI Rp 7,4 Triliun untuk Tingkatkan Ketahanan terhadap Bencana

Usulan kedua dalam RUU pengganti UU Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, juga akan diatur mengenai asuransi pada aset pemerintah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.