IHSG Naik Tembus 5.500, Rupiah Menguat Sentuh Rp 14.050 Per Dollar AS

Kompas.com - 17/11/2020, 09:34 WIB
Ilustrasi IHSG KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGIlustrasi IHSG

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pagi ini berada di zona hijau pada awal perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI) Selasa (17/11/2020). Demikian juga dengan rupiah yang menguat di pasar spot.

Melansir data RTI, pukul 09.08 WIB, IHSG berada pada level 5.521,57 atau naik 26,7 poin (0,49 persen) dibanding penutupan sebelumnya pada level 5.494,87.

Sebanyak 195 saham melaju di zona hijau dan 82 saham di zona merah. Sedangkan 153 saham lainnya stagnan. Adapun nilai transaksi hingga saat ini mencapai Rp 1,31 triliun dengan volume 1,6 juta saham.

Baca juga: Vaksin Moderna Bisa Topang IHSG, Simak Rekomendasi Saham Hari Ini

Bursa Asia pagi ini variatif, dengan penurunan indeks Nikkei 0,06 persen, dan indeks Shanghai Komposit juga melemah 0,21 persen. Sementara itu, indeks Hang Seng Hong Kong menguat 0,13 persen, dan indeks Strait Times juga naik 0,85 persen.

Direktur Anugerah Mega Investama Hans Kwee mengatakan sentimen vaksin Covid-19 dari Moderna yang lebih unggul dari Pfizer diroyeksikan dapat mendorong IHSG bergerak positif hari ini. Dia bilang, vaksin Moderna memiliki efektifitas 94 persen mampu membunuh virus corona dengan metode penyimpanan -4 derajat.

“Pasar bisa menguat pagi ini karena saya lihat vaksin Moderna lebih unggul, dan mampu disimpan sampai 6 bulan, daripada Pfizer yang efektifitasnya hanya 90 persen dengan metode penyimpanan -70 derajat, jadi Moderna lebh mudah untuk pendistribusiannya,” kata Hans kepada Kompas.com.

Sementara Wall Street ditutup positif pagi ini dengan kenaikan pada indeks acuan saham teknologi Nasdaq 0,8 persen, S&P 500 menguat 1,17 persen dan indeks Dow Jones Industrial Average juga bertambah 1,6 persen.

Adapun nilai tukar rupiah terhadap dollar AS di pasar spot menguat, 60 poin. Melansir Bloomberg, pada pukul 09.11 WIB, rupiah berada pada level Rp 14.050 per dollar AS menguat 0,43 persen dibanding penutupan sebelumnya Rp 14.110 per dollar AS.

Analis sekaligus Kepala Riset Monex Investindo Ariston Tjendra mengatakan, rupiah berpotensi menguat lagi hari ini dengan sentimen positif baru dari laporan pengembangan vaksin Covid-19 dari Moderna yang menyebutkan hasil pengujiannya menunjukkan Efektifitas yang tinggi sebesar 94,5 persen.

“Rupiah hari ini bisa menguat, karena hasil vaksin dari Moderna ini menambah kepercayaan pasar, vaksin akan segera dirilis dan ekonomi bisa segera pulih,” kata Ariston.

Sementara itu, harga aset-aset berisiko bergerak menguat menanggapi berita ini. Selain itu, surplus neraca perdagangan bulan Oktober 2020 dan proyeksi pertumbuhan positif ekonomi Indonesia di kuartal IV tahun 2020 oleh BI juga memberikan sentimen positif ke rupiah.

Ariston memproyeksikan rupiah hari ini akan bergerak pada kisaran level Rp 14.000 sampai dengan Rp 14.150 per dollar AS.

Baca juga: Kisah Ibu Rumah Tangga Jualan Alpukat, Raih Omzet hingga Ratusan Juta Rupiah



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X