Erick Thohir Minta Himbara Perbaiki Sistem dan Dukung Program Satu Data Pemerintah

Kompas.com - 17/11/2020, 15:48 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir meminta Himbara terus memperbaiki sistem dan layanannya dalam membantu pemerintah menyalurkan dana program Peningkatan Ekonomi Nasional (PEN) di masa pandemi Covid-19 ini.

“Kami di Kementerian BUMN berharap Himbara terus berkonsolidasi memperbaiki sistem dan servicenya, dan paling penting mendukung program satu data pemerintah,” ujar Erick dalam webinar, Selasa (17/11/2020).

Erick menambahkan, bank plat merah terus dilibatkan dalam penyaluran bantuan program pemerintah.

Baca juga: Kembangkan Bisnis Syariah, Bank Sinarmas Gandeng Jamkrindo dan Takaful

Misalnya, penyaluran bantuan untuk UMKM, subsidi gaji dan bantuan untuk tenaga honorer.

“Karena itu kemarin khususnya untuk usaha mikro kita coba sinergikan BUMN Pegadaian, PMN untuk bisa mempunyai program satu data,” kata mantan bos Inter Milan itu.

Selain itu, lanjut Erick, pihaknya juga tengah melakukan penggabungan bank-bank syariah BUMN.

Salah satu tujuannya, yakni untuk mendukung program pemerintah ke depan dalam mensingkronisasi data.

“Seperti konsolidasi Himbara yang ada di banknya syariah. Kenapa penting? Karena kita ingin mendukung program pemerintah kedepan bahwa data-data ini akurat dan bisa dipertanggung jawabkan,” ungkapnya.

Menurut Erick, di masa pandemi Covid-19 ini pemerintah terus berupaya membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

“Di saat masyarakat membutuhkan, kami pemerintah hadir menolong. Banyak program-program bagaimana kita memberikan bantuan para tenaga pendidik,” ungkapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.