Rabu Pagi, Kurs Rupiah Melemah Jadi Rp 14.080 Per Dollar AS

Kompas.com - 18/11/2020, 09:48 WIB
Ilustrasi rupiah ShutterstockIlustrasi rupiah
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS di pasar spot melemah pada Rabu (18/11/2020) pagi.

Melansir Bloomberg, rupiah pagi ini melemah 60 poin (0,18 persen) pada level Rp 14.080 per dollar AS dibanding penutupan sebelumnya Rp 14.055 per dollar AS.

Analis sekaligus Kepala Riset Monex Investindo Ariston Tjendra mengatakan, pelemahan rupiah pagi ini terdorong oleh ramai sentimen di pasar Asia, baik sentimen negatif dan sentimen positif. Namun demikian, tengah hari rupiah berpotensi berbalik menguat.

“Sentimen positif karena laporan pengembangan vaksin Covid-19, tertutupi oleh kekhawatiran pasar soal peningkatan kasus Covid-19 yang bisa memicu pelambatan pemulihan ekonomi,” kata Ariston kepada Kompas.com.

Baca juga: Rekam Jejak Zuhairi Misrawi, Kader PDI-P yang Jadi Komisaris BUMN

Di sisi lain, sentimen dalam negeri masih positif seperti surplus neraca perdagangan bulan Oktober 2020, serta proyeksi pertumbuhan positif ekonomi Indonesia di kuartal IV tahun 2020 oleh BI.

Selain sentimen positif itu, BI juga berpeluang menahan suku bunga acuannya sehingga tingkat imbal hasil aset rupiah masih menarik di mata investor.

“Sentimen positif dalam negri tersebut mungkin bisa menahan sentimen negatif dari eksternal. Rupiah mungkin masih bisa menguat hari ini,” kata dia.

Ariston memproyeksikan rupiah hari ini akan bergerak pada kisaran level Rp 14.000 sampai dengan Rp 14.150 per dollar AS.

Baca juga: Tengah Pekan, IHSG Dibuka Menguat ke Level 5.550



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X