Kompas.com - 18/11/2020, 13:13 WIB
Ilustrasi UMKM makanan dan minuman Dokumentasi Biro Komunikasi KemenparekrafIlustrasi UMKM makanan dan minuman
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelaku UMKM adalah salah satu sektor yang paling terpukul semenjak mewabahnya pandemi Covid-19. Untuk itu, berbagai perusahaan besar, turut memberikan berbagai bantuan kepada para pelaku UMKM agar bisa bertahan dan menjalankan kembali kegiatan usahanya.

Salah satu perusahaan yang coba membantu UMKM yakni Google. Namun bantuan yang diberikan salah satu perusahaan besar di dunia tersebut berupa pinjaman dana kepada pelaku UMKM dengan nilai total 10 juta dollar AS.

"Kami memberikan bantuan sebesar 10 juta dollar ini dengan menggandeng Kiva sebagai institusi yang sudah berpengalaman untuk menyalurkan akses pembiayaan kepada UMKM," ujar Manajer Hubungan Pemerintahan dan Kebijakan Publik Google Indonesia Danny Ardianto saat jumpa pers virtual, Rabu (18/11/2020).

Baca juga: Sri Mulyani Soroti Persaingan di Dunia Fintech: Banyak yang Tumbuh Besar Kemudian Diakuisisi

Danny menjelaskan, kerja sama dengan Kiva ini akan menggaet lebih banyak penyelur sebagai provider yang bertugas untuk menyalurkan pinjaman dana tersebut. Segala persyaratan dan ketentuan untuk mendapatkan bantuan ini, akan mengikuti kesepakatan dari Kiva dan penyalur.

"Partner-partner lokal ini adalah mereka yang memang fokus untuk memberikan penyaluran dana ke UMKM di Tanah Air. Nanti, baik itu jenis sektornya, persyaratannya hingga suku bunganya akan ditentukan dari Kiva dan lokal partnernya," kata dia.

Program ini akan menarik sebanyak-banyaknya pelaku UMKM. Dengan begitu, pelaku UMKM yang tersebar di Indonesia bisa terbantu secara menyeluruh.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Danny juga berharap dengan adanya bantuan program ini bisa melengkapi program lain yang sudah dicanangkan oleh pemerintah untuk membantu UMKM.

"Dengan program ini, kami menambahkan kapabilitas mereka melalui pinjaman 10 juta dollar AS dan nantinya program ini akan melengkapi program yang sudah dimiliki oleh pemerintah untuk membantu UMKM," ungkapnya.

Baca juga: Luhut Bertemu Trump, Ini yang Dibicarakan



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X