Sri Mulyani Curhat Didemo Sana-sini Soal Tarif Cukai Rokok

Kompas.com - 18/11/2020, 17:10 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di Jakarta, Kamis (30/1/2020). KOMPAS.COM/MUTIA FAUZIAMenteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di Jakarta, Kamis (30/1/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati belum memastikan waktu penerbitan aturan baru mengenai kenaikan tarif cukai rokok pada 2021.

Padahal di tahun-tahun sebelumnya, kenaikan tarif cukai hasil tembakau (CHT) diumumkan pertengahan bulan Oktober.

"( Tarif cukai rokok) akan dikeluarkan pada waktunya untuk tujuan paling optimal dan dalam obyektif yang cukup banyak," ujar Sri Mulyani ketika memberikan paparan dalam kuliah umum secara virtual, Rabu (18/11/2020).

Baca juga: Jelang Akhir Tahun Belum Ada Kejelasan Tarif Cukai Rokok, Ini Penjelasan Sri Mulyani

Bendahara Negara itu pun menjelaskan, dalam menyusun kebijakan tarif cukai rokok tahun ini, banyak masukan yang diberikan dari beragam kalangan dengan berbagai pandangan.

Sri Mulyani mengatakan, beberapa waktu yang lalu terjadi demonstrasi yang dilakukan oleh buruh pabrik rokok di Monas yang menuntut agar tidak ada kenaikan tarif cukai rokok tahun depan.

Hal yang sama disuarakan oleh petani rokok.

Di sisi lain, akademisi menyuarakan agar tarif cukai rokok untuk naik cukup tinggi.

"Kemarin ada demo dari para buruh rokok mereka datang ke Monas, minta menemui Presiden, petani juga ada yang demo meminta agar (tarif cukai rokok nggak naik, sementara di sisi lain ada yang minta naik banget," ujar dia.

Sri Mulyani menambahkan, dalam penyusunan kebijakan banyak dimensi yang harus dihadapi, yang pertama yakni dimensi kesehatan.

Sebab, tingkat prevalensi merokok baik anak-anak, perempuan, dan orang dewasa di Indonesia cukup tinggi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X