Indonesia Lobi Jepang dan ASEAN Buka Perjalanan Terbatas Saat Pandemi

Kompas.com - 19/11/2020, 13:16 WIB
Menteri Retno Marsudi mengatakan kunjungan Menlu Pompeo mencerminkan komitmen kuat Indonesia untuk membangun kemitraan dengan AS. REUTERS via BBC INDONESIAMenteri Retno Marsudi mengatakan kunjungan Menlu Pompeo mencerminkan komitmen kuat Indonesia untuk membangun kemitraan dengan AS.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengungkapkan, pemerintah saat ini sedang menegosiasikan Travel Corridor Arrangement (TCA) dengan Jepang untuk membuka perjalanan terbatas guna keperluan bisnis.

Tak hanya Jepang, saat ini Indonesia juga tengah mendorong perjanjian TCA bersama negara-negara ASEAN.

Dalam gelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-37 ASEAN, masing-masing kepala negara memutuskan untuk mengambil langkah pembentukan TCA ini.

Baca juga: Waspadai Akun Palsu Bank yang Curi Data Penerima BLT Subsidi Gaji

"Saat ini kita sedang negosiasi dengan Jepang. Selain itu, Framework TCA juga sudah disepakati dalam KTT ASEAN," ujar Retno dalam sambutan pada acara Jakarta Food Security Summit-5 secara virtual, Kamis (19/11/2020).

Retno mengatakan, digitalisasi memang telah membantu terlaksananya bisnis di berbagai sektor saat masa pandemi.

Namun, tetap saja masih banyak aktivitas bisnis yang tak bisa dilakukan secara virtual.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Oleh sebab itu, dilakukan berbagai upaya untuk mendukung pertemuan bisnis secara langsung namun dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Salah satunya melalui skema perjanjian TCA dengan berbagai negara.

"Karena dalam kondisi saat ini, kita enggak punya luxury untuk menunggu pandemi selesai dulu baru kemudian pemulihan ekonomi dilakukan. Tetapi kita harus lakukan serempak dan seimbang ekonomi dan kesehatan," kata Retno.

Saat ini, Indonesia sendiri telah memiliki perjanjian TCA dengan beberapa negara yakni Uni Emirat Arab (UEA), Korea Selatan, China, dan Singapura.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.