Kompas.com - 19/11/2020, 20:01 WIB
Menteri BUMN RI Erick Thohir (paling kanan) memberikan sambutan dalam acara soft launching kanal berita berbahasa Inggris SEA Today disaksikan Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah (tengah), Direktur Consumer Service Telkom FM Venusiana R. (paling kiri) di Jakarta, Rabu (28/10/2020).
DOK. Humas TelkomMenteri BUMN RI Erick Thohir (paling kanan) memberikan sambutan dalam acara soft launching kanal berita berbahasa Inggris SEA Today disaksikan Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah (tengah), Direktur Consumer Service Telkom FM Venusiana R. (paling kiri) di Jakarta, Rabu (28/10/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Miliki Negara (BUMN) Erick Thohir membidik nilai kapitalisasi PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) mencapai Rp 450 triliun. Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia nilai kapitalisasi pasar TLKM mencapai Rp 314 triliun pada Kamis (19/11/2020).

"Saya sudah challenge lagi komisaris dan direksi Telkom. Kalau dahulu nilai kapitalisasi Telkom mencapai Rp 450 triliun, Saya mau di bawah kepengurusan direksi ini valuasi Telkom harus sama kembali," jelas Erick dalam acara 25th Telkom IPO Anniversary yang digelar secara virtual, Kamis.

Erick optimistis target itu dapat tercapai, mengingat TLKM merupakan perusahaan pelat merah terbesar secara infrastruktur. Di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini, TLKM juga dianggap mampu untuk menyesuaikan diri terhadap berbagai perubahan.

Ini akan menjadi faktor pendorong lain, sebab investor akan lebih percaya kepada perusahaan yang punya strategi jangka panjang dan mampu beradaptasi dengan perubahan.

Baca juga: Bakal Ada 44 Aturan Turunan UU Cipta Kerja, Intip di Laman Ini

Di sisi lain, Erick mengungkapkan transformasi yang dilakukan pihak BUMN sejauh ini masih dalam taraf sedang, belum secara besar-besaran. Adapun transformasi BUMN itu telah tercermin dalam pergerakan harga saham top 20 perusahaan BUMN yang ada di bursa, yakni IDX BUMN20.

Tercatat, indeks tersebut bergerak bullish hingga 19,37 persen selama enam bulan terakhir. Pergerakannya mengungguli indeks LQ45 yang mencapai 10,7 persen pada periode yang sama.

Realisasi ini menunjukkan pasar yang percaya terhadap transformasi yang ada di BUMN. "Karena itu saya yakinkan dengan roadmap yang sudah kita sepakati, saya yakin kapitalisasi pasar yang ada di Telkom kembali naik," kata Erick.

Sekadar informasi, pada penutupan perdagangan hari ini, harga saham TLKM berada di Rp 3.170. Sejak awal tahun harga tersebut sudah terkikis 20,15 persen. Adapun selama tiga bulan terakhir harga saham TLKM mulai menghijau hingga 7,46 persen. Peningkatan harga saham yang signifikan terjadi pada sebulan terakhir, mencapai 16,97 persen. (Reporter: Kenia Intan | Editor: Wahyu T.Rahmawati)

Baca juga: Akhir Tahun, BI Bakal Pangkas Suku Bunga Acuan Lagi?

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Erick Thohir menantang Telkom (TLKM) capai kapitalisasi Rp 450 triliun



Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X