Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saatnya UMKM dan Para Pengusaha Indonesia Go Digital

Kompas.com - 19/11/2020, 20:49 WIB
Elsa Catriana,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -  Sebanyak 375 pengusaha Lokal dan UMKM dari seluruh Indonesia ikut serta dalam Indonesia Digital Trade Show in Conjunction With Indonesia Local Brands Expo 2020.

Pameran virtual  ini merupakan salah satu upaya untuk mempercepat digitalisasi produk-produk UMKM,  sehingga bisa bersaing dan menembus pasar internasional.

“Dengan adanya pameran virtual Indonesia Digital Trade Show in conjunction with Indonesia Local Brands Expo yang menggunakan basic website dan mudah diakses di seluruh Indonesia ini diharapkan membuat para pengusaha merek lokal Indonesia dan pelaku UMKM Indonesia go digital, kembali bangkit dan memiliki semangat lebih untuk semakin maju serta membantu dalam pemulihan ekonomi Indonesia,"sebut  Ketua Umum ASENSI (Asosiasi Lisensi Indonesia) Susanty Widjaya dikutip dalam siaran pers, Kamis (19/11/2020).

Baca juga: Menkop Teten: Fintech Sangat Dibutuhkan Pelaku UMKM

Pameran yang diselenggarakan mulai 20 November sampai dengan 7 Desember 2020 ini, digelar dengan konsep digital & realistik (3D Online Exhibition).

Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi & UKM Victoria br Simanungkalit mengatakan, pandemi Covid -19 mengakibatkan banyak dampak buruk dari segala aspek, salah satunya perekonomian.

“Baik pemerintah maupun swasta juga turut mendorong pelaksanaan acara ini agar para pengusaha lokal dan UMKM di seluruh Indonesia bisa menembus pasar digital (go digital) dan sebagai jembatan dalam mempercepat digitalisasi produk-produk UMKM di seluruh kota di Indonesia,” kata dia.

Sementara Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Syailendra mengatakan, Kemendag mendukung penyelenggaraan kegiatan melalui partisipasi dengan mengikutsertakan 24 pelaku usaha waralaba dan potensial waralaba secara gratis di saat seperti sekarang ini.

Adapun Deputi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nia Niscaya mengatakan, pihaknya juga mendukung acara ini dengan memfasilitasi 24 jenama binaan yang hadir pada Hall A.

"Kami hadirkan para jenama dari sub sektor kuliner, fashion, dan kriya di Pavillion Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Kami berharap IDTS ini dapat turut menjadi bagian dalam pemulihan perekonomian nasional, peningkatan tingkat konsumsi domestik, serta memperkuat program pemerintah yakni gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI)," ucapnya.

Direktur PT Sukses Mulya Pratama Nopit Cahyani sebagai penyelenggara ajang ini menyebutkan seluruh program yang ada di acara ini dapat diakses secara gratis alias tidak dikenakan biaya.

"Akan ada banyak kegiatan dan agenda menarik sepanjang gelaran virtual expo di Indonesia Digital Trade Show 2020 in Conjuction With Indonesia Local Brands Expo 2020 ini yang bisa menambah keseruan sepanjang acara, antara lain Virtual Gowes & Run Virtual Challange dan juga CoCo Share (Cooking, Coaching & Sharing," jelasnya.

Pihaknya menargetkan transaksi di ajang ini mencapai Rp 25 miliar dengan total pengunjung 200.000.

"Kita menargetkan angka realistis dari even ini karena ada taste yang berbeda jika dibandingkan dengan pameran offline. Namun, kami tetap optimistis virtual expo ini bisa berjalan dengan sukses," ucap Nopit.

Baca juga: Pemerintah Mau Optimalkan Agregator Bisnis UMKM

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com