BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan BCA

Jaga Diri Selama Pandemi, Transaksi Nontunai Jadi Solusi

Kompas.com - 20/11/2020, 10:02 WIB
Ilustrasi transaksi nontunai berbasis QR Code dengan aplikasi BCA mobile Dok. Tim Kreatif KOMPAS.comIlustrasi transaksi nontunai berbasis QR Code dengan aplikasi BCA mobile

KOMPAS.com - Meski telah memasuki fase new normal, masyarakat tetap diimbau untuk terus disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Pasalnya, pandemi Covid-19 belum sepenuhnya berakhir.

Adapun beberapa upaya pencegahan penularan virus corona adalah dengan physical distancing dan meminimalisasi kontak fisik dalam berbagai aktivitas sehari-hari, termasuk saat bertransaksi.

Menilik situasi tersebut, metode pembayaran nontunai bisa menjadi alternatif aman saat bertransaksi sehari-hari.

Melansir laman New York Post (8/3/2020), juru bicara Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan untuk melakukan pembayaran secara nontunai sebagai langkah preventif saat bertransaksi sehari-hari.

Baca juga: Protokol Kesehatan Operasional Mal, Siapkan Pengukur Suhu Tubuh hingga Dorong Transaksi Nontunai

Metode pembayaran nontunai sendiri terdiri dari beberapa jenis. Salah satu yang sedang banyak digunakan adalah metode cardless seperti metode pembayaran QR Code.

Dengan metode pembayaran ini, konsumen cukup memindai QR Code dengan aplikasi pembayaran online untuk menyelesaikan transaksi.

Di Indonesia, pembayaran dengan metode QR Code dibuat lebih mudah dengan adanya Quick Response Indonesian Standard ( QRIS) sejak 1 Januari 2020.

Sebelum ada QRIS, setiap penyedia jasa sistem pembayaran online memiliki QR Code masing-masing. Kini, beragam QR Code tersebut disatukan atau distandardisasi oleh Bank Indonesia dengan QRIS.

Dengan begitu, cukup satu QR Code, yakni QRIS, sudah bisa digunakan oleh berbagai penyedia jasa sistem pembayaran online.

Ciri-ciri QRISDok. BCA Ciri-ciri QRIS

QRIS memiliki beberapa ciri khusus, yakni logo QRIS, logo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN), nama outlet atau merchant, Terminal ID (TID), QR Code, serta warna dasar putih dengan aksen merah di kiri dan kanan bawah QR Code.

Baca juga: BI: 94 Persen UMKM Sudah Adopsi QRIS

Metode pembayaran ini dapat diakses melalui aplikasi uang elektronik berbasis server, seperti mobile banking. Salah satu aplikasi mobile banking yang dapat mengakomodasi pembayaran QRIS adalah BCA mobile.

Tidak perlu top-up saldo

BCA menyediakan fitur scanning QR Code di aplikasi mobile banking-nya. Dengan QR BCA mobile, kamu bisa bertransaksi dengan mudah dan praktis. Cukup melakukan beberapa sentuhan di ponsel, kamu bisa memenuhi berbagai kebutuhan, seperti belanja bulanan di supermarket, makan siang di food court mal, dan membayar taksi untuk transportasi sehari-hari.

Selain mudah dan praktis, bertransaksi dengan QR BCA mobile juga relatif lebih nyaman karena tidak perlu bersentuhan saat melakukan pembayaran.

Kelebihan lainnya, kamu tidak perlu repot-repot top-up saldo untuk bisa bertransaksi dengan QR BCA mobile. Sebab, setiap transaksi dengan metode pembayaran ini akan langsung diambil dari saldo rekening kamu.

Baca juga: Ini Sederet Manfaat Penggunaan QRIS Bagi Pelaku UMKM

Maka dari itu, pastikan saldo di rekening BCA kamu mencukupi sebelum bertransaksi dengan QR BCA mobile.

Bisa scan semua kode QRIS

Dengan QR BCA mobile, kamu bisa scan atau bertransaksi di semua QR Code dari berbagai penyedia jasa pembayaran online. Pokoknya, kamu bisa scan di mana pun selama terdapat logo QRIS pada penyedia pembayarannya.

Hal ini perlu kamu ketahui karena ada beberapa pegawai merchant atau supir taksi yang tidak mengetahui atau belum aware bahwa QR BCA mobile bisa scan kode QRIS dari berbagai penyedia jasa pembayaran online.

Jika menghadapi situasi tersebut, kamu bisa menjelaskan bahwa QR BCA mobile bisa membaca semua QRIS yang tersedia. Kamu pun bisa meminta pegawai merchant atau supir taksi untuk memverifikasi transaksi lewat media yang disediakan pihak penyedia QRIS tersebut.

Baca juga: Tak Perlu ke Kantor Cabang, Print Transaksi Rekening BCA Bisa Pakai Fitur e-Statement

Cara untuk menggunakan QR BCA mobile sangatlah mudah. Pertama, buka fitur QR di aplikasi BCA mobile. Kemudian, scan kode QRIS yang tersedia di kasir merchant, taksi, dan lain sebagainya.

Setelah itu, cek nama penerima dan masukkan nilai transaksi. Lalu, masukkan personal identification number (PIN) m-BCA untuk menyelesaikan transaksi. Cek langkah selengkapnya di sini.

Bisa untuk transfer

Tak hanya untuk melakukan transaksi di berbagai merchant, kamu juga bisa menggunakan QR BCA mobile untuk transfer dana ke sesama rekening BCA.

Ilustrasi QR Code BCA mobile untuk transfer ke sesama rekening BCADok. BCA Ilustrasi QR Code BCA mobile untuk transfer ke sesama rekening BCA

Langkah pertama untuk transfer dana dengan QR BCA mobile adalah dengan scan QR Code dari layar ponsel penerima, QR Code yang telah dicetak, atau QR Code yang dikirimkan lewat chat, , dan lain sebagainya.

Setelah itu, masukkan nominal dana yang ingin ditransfer dan masukkan PIN m-BCA untuk menyelesaikan transaksi. Mudah kan?

Itulah sederet kemudahan dan keuntungan menggunakan QR BCA mobile, baik untuk bertransaksi sehari-hari maupun untuk transfer dana.

Temukan dan unduh aplikasi BCA mobile di App Store atau Play Store agar transaksi di tengah pandemi jadi praktis dan aman.

Baca juga: Makin Simpel, BCA Tawarkan Buka Rekening Via BCA Mobile


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya