Kompas.com - 20/11/2020, 10:51 WIB
Ilustrasi rupiah dan dollar AS THINKSTOCKSIlustrasi rupiah dan dollar AS

KOMPAS.com - Jika bertanya apa mata uang tertinggi di dunia, banyak orang mungkin akan menjawab kalau mata uang tertinggi di dunia adalah pound sterling milik Inggris.

Pound sterling memang menjadi mata uang dengan nilai paling tinggi di dunia. Namun itu beberapa puluh tahun silam, saat ini sejumlah mata uang mulai menggeser nilai tukar pound sterling.

Berikut daftar 7 mata uang tertinggi di dunia yang nilainya mengalahkan dollar AS seperti dilansir dari Remitr, Jumat (20/11/2020).

1. Dinar Kuwait (KWD)

Dinar Kuwait sejauh ini jadi mata uang dengan nilai paling tinggi di dunia. Mengutip data perdangan valas terbaru, untuk 1 dinar Kuwait nilainya setara dengan 2,47 pound sterling.

Baca juga: Mengapa Dinar Kuwait Jadi Mata Uang Paling Mahal di Dunia?

Sementara jika dibandingkan dengan dollar AS, 1 dinar Kuwait setara dengan 3,27 dollar AS atau jika dirupiahkan menjadi sebesar Rp 46.510.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tingginya nilai mata uang dinar Kuwait tak lepas dari kebijakan bank sentralnya yang memberlakukan nilai tukar tetap. Faktor Kuwait sebagai salah satu negara penghasil minyak terbesar juga jadi alasannya.

2. Dinar Bahrain (BHD)

Dinar Bahrain jadi mata uang dengan nilai tertinggi di Planet Bumi di urutan kedua. Nilai 1 dinar Bahrain sama dengan 2,65 dollar AS atau jika dirupiahkan setara dengan Rp 37.680.

Bahrain sendiri merupakan negara kecil yang kaya minyak dengan penduduk hanya berjumlah sekitar 1 juta orang. Sebagaimana Kuwait, nilai tukar dinar Bahrain berani dipatok sangat tinggi karena sumber pendapatan terbesarnya berasal dari ekspor minyak.

Baca juga: Kisah Nauru, Negara Kaya Raya yang Kini Jatuh Miskin

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.