Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur BI: Milenial Jadi Sumber Penciptaan New UMKM

Kompas.com - 20/11/2020, 11:34 WIB
Fika Nurul Ulya,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan, generasi milenial bakal menjadi sumber penciptaan wirausaha yang unggul (new UMKM).

Perry optimistis, milenial punya kiprah meningkatkan kesejahteraan bangsa dan ekonomi di masa depan.

"Kiprah milenial dapat kita lihat dari sekarang, pada berbagai bidang, untuk menjadi UMKM bangkit sebagai kekuatan ekonomi baru. Milenial yang memiliki jiwa tangguh dan budaya kewirausahaan tinggi juga akan menjadi sumber penciptaan entrepreneur unggul," kata Perry dalam pembukaan Karya Kreatif Indonesia (KKI) seri III secara virtual, Jumat (20/11/2020).

Baca juga: 10 Kiat Memulai Bisnis buat Milenial di Tengah Badai Resesi

Perry menyebut, milenial yang mendominasi usia produktif ini dianggap mampu mengangkat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) go global, seiring dengan terbiasanya mereka menggunakan gawai.

Sebab bagaimanapun, UMKM harus kreatif memahami selera pasar dan mengembangkan metode pemasaran termasuk pemasaran digital.

"Di era new normal, akselerasi digital menjadi solusi untuk menjadikan UMKM Indonesia menjadi new UMKM sebagai sumber pertumbuhan baru ekonomi kita menuju Indonesia baru," ucap Perry.

Adapun BI sendiri sudah bersinergi dengan berbagai pemangku kepentingan untuk terus mengembangkan UMKM melalui penerapan 3 pilar.

Ketiga pilar tersebut, meliputi korporatisasi sebagai upaya penguatan kelembagaan UMKM, kapasitas yang diarahkan untuk peningkatan kemampuan UMKM dalam penciptaan nilai tambah di era digital, serta pembiayaan untuk memperluas akses keuangan UMKM.

"Sebagai generasi penerus bangsa, milenial akan menjadi motor penggerak new UMKM di masa kini maupun masa depan. Milenial yang cinta produk dalam negeri akan jadi potensi pasar yang sangat besar bagi para UMKM kita," kata Perry.

Untuk mendorong UMKM, BI berkoordinasi dengan kementerian/lembaga, pegiat UMKM, asosiasi, desainer dan stakeholder terkait lainnya menyelenggarakan pagelaran Karya Kreatif Indonesia (KKI) yang telah memasuki sesi ketiga.

Di sesi ketiga, UMKM sahabat milenial dijadikan tema sebagai tindak lanjut dari arahan presiden pada pembukaan KKI 2019 lalu, yang mendorong produk UMKM ke pasar digital untuk merambah pasar luar negeri.

Rangkaian KKI seri I dan II telah memiliki pencapaian. Jumlah pengunjung lebih dari 53.000 yang terdiri dari 379 UMKM, meliputi 127 UMKM kain, 75 UMKM kerajinan, dan 177 UMKM makanan dan minuman.

Lalu, jumlah penjualan mencapai Rp 10,5 miliar, pencapaian business matching Rp 113,2 miliar, pembiayaan Rp 4,7 miliar, dan diikuti oleh 16 pembeli dari 6 untuk memberikan business matching dan business deal dari Singapura, Italia, Australia, Korea, Jepang, dan China.

Baca juga: Modalku Tawarkan Pinjaman Dana hingga Rp 2 Miliar Tanpa Agunan kepada UMKM

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com