Anak Muda Harus Tahu, Ini Waktu yang Tepat untuk Mulai Berwirausaha

Kompas.com - 20/11/2020, 12:02 WIB
Ilustrasi digitalisasi bagi UMKM. DOK. SHUTTERSTOCKIlustrasi digitalisasi bagi UMKM.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 boleh saja membuat masyarakat panik dan menghantam Usaha Mikro Kecil dan Menengah ( UMKM). Banyak orang yang menunda kegiatan berwirausahanya.

Namun Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengatakan, justru saat inilah waktu yang tepat untuk milenial menjadi wirausaha. Wirausaha yang dikembangkan milenial ini akan lekat dengan teknologi sehingga mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

"Sekarang adalah waktu yang tepat bagi kaum muda Indonesia untuk jadi wirausaha, untuk membangun dan membesarkan UMKM, membantu menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat, juga mendorong ekonomi agar kembali bergerak," kata Iriana dalam pembukaan Karya Kreatif Indonesia (KKI) seri III secara virtual, Jumat (20/11/2020).

Baca juga: Google Beri Pinjaman Dana untuk UMKM

Iriana menyebut, menjadi wirausaha di masa pandemi Covid-19 sangat menjanjikan, lantaran masifnya penggunaan teknologi. Dunia dipaksa untuk mempercepat penetrasi digital sehingga membuat manusia mau tidak mau harus mengikuti perkembangan zaman.

Bagi UMKM, penetrasi digital ini tentu saja sangat bermanfaat karena mampu membuat produk UMKM semakin cepat dikenal internasional. Ujung-ujungnya, UMKM Indonesia akan semakin maju dan naik kelas.

Penggunaan platform digital ini juga perlu cepat dieksekusi agar produk UMKM lokal tidak kalah saing dengan produk negara lain. Pemakaian platform digital bagi UMKM telah membuka kesempatan luas untuk mengembangkan usaha kreatif dan inovatif lebih banyak dan lebih beragam jenisnya.

"Perkembangan yang baik harus dimanfaatkan sebaik-baiknya, kita harus segera menyesuaikan dan menyiapkan diri untuk memperbaiki produk, kualitas, branding, packing, pelayanan, dan juga harga," ucap Iriana.

Selain itu, pemanfaatan platform digital sangat menjanjikan karena anak-anak muda Indonesia memiliki jumlahnya sangat besar. Milenial ini terbiasa dengan teknologi sehingga cepat beradaptasi. Tak heran, jaringan pertemanannya pun sangat luas.

Iriana bilang, bantuan pemerintah sangat terbuka lebar. Pemerintah akan terus memberikan banyak kemudahan dengan banyaknya program pengembangan kewirausahaan UMKM dari K/L, lembaga, BI, bank, BUMN, dan lain-lain.

"Kita dorong dan ciptakan budaya entrepreneur di kalangan anak-anak muda sebagai kekuatan ekonomi baru yang siap go global dan mendunia. Mari kita cintai produk Indonesia, dukung gerakan nasional bangga buatan Indonesia, membeli dan bangga menggunakan produk Indonesia," kata dia.

Baca juga: Saatnya UMKM dan Para Pengusaha Indonesia Go Digital



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X