Covid-19 Masih Bayangi IHSG, Simak Rekomendasi Saham Hari Ini

Kompas.com - 23/11/2020, 08:05 WIB
Ilustrasi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGIlustrasi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI).

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksikan akan bergerak melemah pada Senin (23/11/2020). Sebelumnya IHSG ditutup negatif dengan penurunan 0,4 persen pada level 5.571,65.

Direktur Anugerah Mega Investama Hans Kwee mengatakan, kenaikan kasus Covid-19 di beberapa negara dan turunnya optimisme vaksin bisa menekan IHSG di awal pekan ini. Selain itu, kenaikan indeks yang terjadi dalam beberapa pekan, mendorong aksi profit taking oleh investor.

“Meningkatnya kasus Covid-19, serta mulai turunnya optimisme vaksin membuat pasar saham berpeluang konsolidasi melemah. Masalah stimulus dan pasar keuangan yang naik banyak beberapa pekan terakhir juga berpeluang membuat koreksi sehat IHSG,” kata Hans Minggu (22/11/2020).

Baca juga: Kinerja Pasar Saham 2021 Diproyeksikan Positif, Dua Risiko Ini Perlu Dicermati Investor

Di tengah harapan vaksin yang merupakan sentimen positif di jangka menengah panjang, terjadi lonjakan kasus Covid-19 di beberapa Negara. Padahal, sentimen vaksin menimbulkan harapan ekonomi dunia akan segera pulih di semester dua 2021.

Sementara Analis Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper mengatakan, IHSG berpotensi melemah karena secara teknikal saat ini pergerakan diperkirakan masih akan mengalami koreksi, akibat kenaikan kasus Covid-19.

“IHSG berpotensi melemah, pergerakan akan minim sentiment dari data perekonomian pada awal pekan. Kasus Covid-19 secara global masih menjadi sorotan dimana di berbagai negara banyak berkembang kasus baru,” kata Dennies.

Sementara itu, Analis Binarta Securitas Nafan Aji mengatakan, berdasarkan indikator MACD, masih menunjukkan sinyal positif. Meskipun demikian, Stochastic dan RSI mulai menunjukkan overbought atau jenuh beli.

“Di sisi lain, terlihat pola bearish pin bar yang mengindikasikan adanya potensi koreksi lanjutan pada pergerakan IHSG,” ungkap Nafan.

Dennies memproyeksikan IHSG akan bergerak pada level support 5.546 sampai dengan 5.522 dan resistance di level 5.611 sampai dengan 5.652.

Bagaimana dengan rekomendasi saham hari ini? Simak rekomendasi teknikal dari tiga perusahaan sekuritas untuk perdagangan di Bursa Efek Indonesia hari ini:

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.