Kompas.com - 23/11/2020, 11:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dampak pandemi Covid-19 benar-benar dirasakan hampir seluruh pelaku UMKM

Salah satunya Firman Rendi (37 tahun), pemilik kedai kopi atau warkop bernama Coffee and Chess.

Di awal pandemi, selama 2 bulan lebih, warkop miliknya di Jalan Raya Ledok Dowo, Pakis Jajar, Malang, Jawa Timur, terpaksa harus ditutup, seiring dengan diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Baca juga: Saatnya UMKM dan Para Pengusaha Indonesia Go Digital

Padahal, dari warkopnya, Firman mengaku berpenghasilan sekitar Rp 300.000 hingga Rp 500.000 per hari. Dia pun harus memutar otaknya untuk mencari uang dan memenuhi kebutuhan keluarganya.

"Akhirnya saya kerja serabutan berdagang sayuran. Modal warkop saya habis untuk menutupi kebutuhan keluarga sehari-hari," ucap Firman dikutip dalam siaran pers, Senin (23/11/2020).

Di tengah kegalauan akan nasib usaha warkopnya, pada Agustus 2020, Firman mendapat informasi terkait Banpres Produktif Untuk Usaha Mikro dari media sosial Facebook.

Firman pun mendaftarkan usaha warkopnya ke Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Malang untuk mendapatkan bantuan ini.

"Alhamdulillah, pada 7 Oktober 2020, saya mendapat SMS dari Bank BRI yang mengabarkan bahwa saya mendapat Banpres Produktif," ungkap Firman.

Dengan Banpres sebesar Rp 2,4 juta, Firman memanfaatkannya untuk menopang dan menambah permodalan warkopnya. "Saya sangat terbantu dan merasakan betul manfaat dari Banpres Produktif Untuk Usaha Mikro ini," kata dia.

Meski belum seperti dalam kondisi normal, kini Firman sudah mampu menghasilkan pemasukan Rp 200.000 sehari dari warkopnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.