Kemenhub Tindak Tegas Pegawainya yang Terlibat Narkoba

Kompas.com - 23/11/2020, 11:40 WIB
Dirjen Perhubungan Udara Novie Riyanto saat kunjungan kerja di Bandara Soekarno-Hatta, Kamis (25/6/2020) Dok Humas Angkasa Pura IIDirjen Perhubungan Udara Novie Riyanto saat kunjungan kerja di Bandara Soekarno-Hatta, Kamis (25/6/2020)

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan akan menindak tegas pegawai yang terlibat dalam penyalahgunaan narkoba sesuai aturan yang berlaku.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Novie Riyanto mengatakan, hal itu dilakukan sebagai wujud komitmen pihaknya dalam menciptakan lingkungan kerja  yang bebas narkoba, demi keselamatan, keamanan, kenyamanan dan kesehatan dalam operasional penerbangan.

“Kami menyesalkan adanya kejadian pegawai dalam penyalahgunaan narkoba, di tengah upaya kerja keras kami dalam memberantas penyebaran narkoba di lingkungan Ditjen Hubud. Pegawai yang terbukti menyalahi aturan akan kami tindak tegas," ujar Novie dalam keterangan tertulisnya, Senin (23/11/2020).

Baca juga: Kemenhub: Kondisi Penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta Berangsur Pulih

Novie menambahkan, bagi pegawai yang terbukti menggunakan narkoba, pihaknya akan menyerahkan proses penanganannya kepada aparat penegak hukum.

"Kami tidak akan mengintervensi proses hukum yang dilaksanakan oleh aparat penegak hujum apabila ada pegawai yang menyalahgunakan narkoba," tambah dia.

Sebagai upaya pemberantasan penyalahgunaan narkoba, Ditjen Hubud melakukan pengendalian dan pengawasan di setiap unit kerja, serta terus melakukan sosialisasi bahaya narkoba.

Sosialiasi ini penting untuk menyampaikan pesan kepada lapisan yang paling dasar, khususnya para pegawai di lingkungan Ditjen Hubud bahwa narkoba itu sangat berbahaya dan dapat membuat kinerja menjadi negatif.

Selain itu sebagai upaya mewujudkan lingkungan kerja bebas narkoba,  Ditjen Hubud juga telah melaksanakan rutin tes narkoba atau Rapid Urine Napza (RUN) secara random kepada pegawai yang dilakukan di bandara seluruh Indonesia maupun di lingkungan kerja.

“Kami mengimbau kepada seluruh personil penerbangan di antaranya seluruh operator bandara, maskapai maupun pengguna jasa angkutan udara agar tidak menyalahgunakan narkoba,” ungkapnya.

Baca juga: November 2020, Serapan Anggaran Kemenhub Baru Capai 70 Persen



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X