Milenial, Ini Tips Menghadapi Resesi ala Blogger Alexander Thian

Kompas.com - 23/11/2020, 11:47 WIB
Ilustrasi menabung SHUTTERSTOCK/LOVEYDAY12Ilustrasi menabung
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Pandemi Covid-19 berdampak pada pertumbuhan ekonomi yang melambat dan berujung pada resesi di kuartal III-2020. Namun demikian, ada cara pintar yang bisa dilakukan oleh milenial dalam menyikapi resesi ini.

Penulis sekaligus blogger Alexander Thian (Amrazing), yang dinobatkan menjadi salah satu milenial Generasi Djempolan oleh kredivo, dengan karakteristik unggul dalam hal keuangan, membagikan tiga tips milenial dalam menghadapi resesi.

Berikut tiga cara pintar dalam menghadapi resesi ala Alexander Thian:

1. Smart spending atau belanja sesuai kebutuhan

Alex menjelaskan, perbedaan antara kebutuhan dan keinginan menjadi poin penting. Namun masih banyak milenial yang tak dapat membedakan kedua hal tersebut.

“Saya ini orang yang impulsif dan boros banget. Belakangan ini saya menyadari (tidak mau) tua masih kerja keras (tapi) tidak bisa menikmati hasil karena terlalu boros. Saya usahakan menabung sebesar minimal 30 persen dari pendapatan,” kata Alex, melalui siaran pers, Senin (23/11/2020).

Baca juga: Kemenhub Tindak Tegas Pegawainya yang Terlibat Narkoba

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Alex juga gencar untuk terus menambah pengetahuannya dengan membaca tips and trik, cara-cara investasi dan menabung. Dalam kondisi pandemi ini, ia lebih memiliki banyak waktu untuk berpikir mana yang prioritas dan menjanjikan kedepannya dan mana yang tidak.

“Semua harus dipikirkan dahulu walaupun dananya ada. Apakah butuh digunakan, dipamerin, atau bagaimana? Kalau butuh, akan butuh berapa lama? Apakah bisa jadi aset untuk hasilkan lagi, atau bisa jadi investasi lagi. Train of thought-nya harus panjang,” jelas dia.

2. Sibukkan diri dengan kegiatan produktif agar terhindar dari impulsive buying

Alex yang juga menekuni bidang travel blogger mengatakan, di masa pandemi Covid-19 ini tidak selamanya buruk. Ada sisi baiknya, karena biaya-biaya yang biasanya dikeluarkan untuk transportasi dan hotel bisa dihemat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X