Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deretan 7 Mal Terbesar di Indonesia, Siapa Juaranya?

Kompas.com - 23/11/2020, 14:46 WIB
Muhammad Idris

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bisnis pusat perbelanjaan atau mal seolah tak pernah mati. Meski banyak mal-mal lama bertumbangan karena tak lagi bisa bersaing, sebaliknya banyak pula mal baru yang dibangun di sejumlah kota di Indonesia.

Sejumlah mal mencoba menampilkan ciri khas berbeda agar menarik pengunjung. Beberapa mal juga seringkali diidentikan sesuai dengan mayoritas kelas ekonomi masyarakat yang jadi pengunjung setianya seperti mal kelas menengah, mal kelas atas, dan mal semua kalangan.

Nah berikut ini deretan 7 mal terbesar di Indonesia didasarkan pada total luas lantai yang disewakan atau nett leasable area (NLA) dari data Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI):

1. Mal Pakuwon Surabaya

Jika menggunakan indikator luas NLA keseluruhan, Mal Pakuwon Surabaya adalah juaranya. Mal Pakuwon menjadi mal terbesar di Tanah Air karena memiliki lantai paling luas yakni 180.000 meter persegi.

Baca juga: 4 Orang Kaya Pemilik Rumah Sakit Mewah di Indonesia

Mal yang berada di ibu kota Jawa Timur ini mulai dibuka pada tahun 2017. Sesuai dengan namanya, pengembang sekaligus pemilik dari mal ini adalah Grup Pakuwon, perusahaan pengembang properti papan atas nasional.

2. Tunjungan Plaza Surabaya

Tunjungan Plaza di Surabaya menempati posisi kedua sebagai pusat perbelanjaan terbesar di Indonesia. Mal ini tercatat memiliki luas NLA sebesar 170.000 meter persegi atau hanya berselisih 10.000 meter persegi dengan Mal Pakuwon.

Saling luasnya, mal ini terbagi dalam 6 pusat belanja yang meliputi Tunjungan Plaza I, Tunjungan Plaza II, Tunjungan Plaza III, Tunjungan Plaza IV, Tunjungan Plaza V, dan Tunjungan Plaza VI. Yang unik, pemilik Tunjungan Plaza masih dimiliki Grup Pakuwon yang juga membangun Mal Pakuwon di Surabaya.

Masih di Surabaya, Pakuwon Group juga memiliki pusat belanja besar lainnya antara lain Royal Plaza, East Coast Center, Pakuwon Trade Center, Pakuwon Town Square, Food Festival, dan Food Junction.

Baca juga: Deretan 5 Miliarder Pemilik Bank Swasta di Indonesia

3. Summarecon Kelapa Gading Jakarta

Summarecon Kelapa Gading Jakarta adalah mal yang dimiliki pengembang PT Summarecon Agung Tbk yang propertinya banyak tersebar di kawasan Jabodetabek. Luas lahan yang disewakan di mal ini mencapai 150.000 meter persegi.

Berada di pusat bisnis Kelapa Gading, mal ini saling terhubung dengan MKG, Gading Food City, La Piazza, dan kawasan komersial lain di sekitarnya.

4. Grand Indonesia

Grand Indonesia seringkali disebut-sebut sebagai mal elit dengan pengunjung kelas menengah atas. Lokasinya berada di jantung Kota Jakarta yakni Jalan Thamrin-Sudirman yang juga jadi pusat perkantoran tersibuk di Indonesia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com