Deretan 7 Mal Terbesar di Indonesia, Siapa Juaranya?

Kompas.com - 23/11/2020, 14:46 WIB
Mal Taman Anggrek Jakarta Barat berhenti beroperasi karena kerusakan mesin pembangkit listrik akibat banjir di Jakarta, Sabtu (11/1/2020). ANTARA/DEVI NINDYMal Taman Anggrek Jakarta Barat berhenti beroperasi karena kerusakan mesin pembangkit listrik akibat banjir di Jakarta, Sabtu (11/1/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Bisnis pusat perbelanjaan atau mal seolah tak pernah mati. Meski banyak mal-mal lama bertumbangan karena tak lagi bisa bersaing, sebaliknya banyak pula mal baru yang dibangun di sejumlah kota di Indonesia.

Sejumlah mal mencoba menampilkan ciri khas berbeda agar menarik pengunjung. Beberapa mal juga seringkali diidentikan sesuai dengan mayoritas kelas ekonomi masyarakat yang jadi pengunjung setianya seperti mal kelas menengah, mal kelas atas, dan mal semua kalangan.

Nah berikut ini deretan 7 mal terbesar di Indonesia didasarkan pada total luas lantai yang disewakan atau nett leasable area (NLA) dari data Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI):

1. Mal Pakuwon Surabaya

Jika menggunakan indikator luas NLA keseluruhan, Mal Pakuwon Surabaya adalah juaranya. Mal Pakuwon menjadi mal terbesar di Tanah Air karena memiliki lantai paling luas yakni 180.000 meter persegi.

Baca juga: 4 Orang Kaya Pemilik Rumah Sakit Mewah di Indonesia

Mal yang berada di ibu kota Jawa Timur ini mulai dibuka pada tahun 2017. Sesuai dengan namanya, pengembang sekaligus pemilik dari mal ini adalah Grup Pakuwon, perusahaan pengembang properti papan atas nasional.

2. Tunjungan Plaza Surabaya

Tunjungan Plaza di Surabaya menempati posisi kedua sebagai pusat perbelanjaan terbesar di Indonesia. Mal ini tercatat memiliki luas NLA sebesar 170.000 meter persegi atau hanya berselisih 10.000 meter persegi dengan Mal Pakuwon.

Saling luasnya, mal ini terbagi dalam 6 pusat belanja yang meliputi Tunjungan Plaza I, Tunjungan Plaza II, Tunjungan Plaza III, Tunjungan Plaza IV, Tunjungan Plaza V, dan Tunjungan Plaza VI. Yang unik, pemilik Tunjungan Plaza masih dimiliki Grup Pakuwon yang juga membangun Mal Pakuwon di Surabaya.

Masih di Surabaya, Pakuwon Group juga memiliki pusat belanja besar lainnya antara lain Royal Plaza, East Coast Center, Pakuwon Trade Center, Pakuwon Town Square, Food Festival, dan Food Junction.

Baca juga: Deretan 5 Miliarder Pemilik Bank Swasta di Indonesia

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X